Resep Ayam Masak Merah ala Negeri Jiran, Lezatnya Bikin Ketagihan!

Resep Ayam Masak Merah ala Negeri Jiran, Lezatnya Bikin Ketagihan!
Ayam masak merah ala Negeri Jiran. Foto/whattocooktoday.com

Bosan dengan ayam goreng atau ayam berbumbu yang sudah pernah Anda buat? Resep ayam masak merah yang dibuat dari potongan ayam rebus dengan bumbu aromatik, rempah dan saus pedas berbahan tomat ini akan terasa lezat untuk menu sehari-hari. Menggunakan saus berbahan dasar tomat dan kunyit sebagai bumbu dasar membuat sajian ini cukup mudah dibuat. Ayam masak merah sendiri merupakan masakan asal Malaysia yang populer, yang cocok untuk masakan sehari-hari atau untuk perayaan. Berikut resep lengkapnya yang diambil dari laman whattocooktoday.com


Bahan-Bahan :

700 gr ayam dengan tulang kulit - Paha, bagian kaki, stik drum
1 sdm bubuk kunyit
1 sdt garam
1 / 4 cangkir minyak goreng - Ditambah lagi

Pasta bumbu:
1 bawang bombay kecil
3 siung bawang putih
6 cabai kering - atau gunakan 1-2 sendok makan sambal oelek atau pasta cabai yang dibeli di toko
1 inci jahe
1 inci lengkuas - atau gunakan 2 sendok teh bubuk lengkuas
3 batang serai - (bagian putih saja)

Bumbu lainnya:
3 batang serai - (bagian hijau saja)
1 buah adas manis
1 sdt bubuk kayu manis

Untuk saus:
200 ml air
3 sdm pasta tomat
3 sdm saus tomat
1 sdt gula pasir
1 sdt garam - atau lebih sesuai selera
2 tomat besar - potong besar

Cara Membuat :

1. Jika Anda menggunakan ayam tanpa tulang dan tanpa kulit, potong seukuran gigitan lalu oleskan bubuk kunyit dan garam ke seluruh bagian ayam.

2. Lalu siapkan pasta bumbu: Masukkan semua bahan untuk pasta bumbu ke dalam food processor atau blender dan proses sampai halus.

3. Menumis ayam (lewati jika Anda menggunakan ayam tanpa kulit tanpa tulang): Gosokkan bubuk kunyit dan garam ke seluruh bagian ayam. Panaskan 1/4 cangkir minyak dalam panci atau wajan besar. Setelah minyak cukup panas, goreng ayam hingga berwarna cokelat keemasan. Langkah ini tidak akan membuat ayam matang, melainkan hanya membuat ayam menjadi cokelat. Angkat dari minyak dan sisihkan.



4. Memasak di atas kompor: Angkat sebagian minyak dari panci atau wajan, sisakan sekitar 2 sdm. Tambahkan bumbu halus dan tumis hingga harum, kurang lebih 3 menit. Tambahkan batang serai dan adas bintang. Lanjutkan menumis selama satu menit. Tambahkan pasta tomat dan saus tomat dan tumis selama 10 detik lagi. Tambahkan air berikut gula, garam, dan bubuk kayu manis. Aduk untuk mencampur semuanya. Pastikan Anda mengikis bagian bawah pot untuk memastikan tidak ada yang tersangkut di bagian bawah.

5. Tambahkan ayam goreng atau potongan ayam tanpa tulang ke dalam panci dan didihkan. Tutup penutupnya dan kecilkan api untuk mendidih dan biarkan ayam direbus hingga matang dan empuk. Potongan ayam tanpa tulang akan matang lebih cepat, mungkin dalam 8-10 menit, sedangkan ayam bertulang akan matang dalam sekitar 30 menit atau lebih.

6. Masukkan potongan tomat dan lanjutkan memasak sampai tomat mulai lunak, tetapi tidak berubah menjadi bubur. Lakukan uji rasa. Tambahkan lebih banyak garam dan / atau gula sesuai kebutuhan. Seharusnya gurih dan pedas. Hiasi dengan sedikit tangkai daun ketumbar segar.

Sumber : sindonews.com

No comments

Powered by Blogger.