Resep Korean Lunch Box Cake yang Lagi Viral, Unik dan Enak Rasanya

https: img.okezone.com content 2021 01 19 298 2346871 resep-korean-lunch-box-cake-yang-lagi-viral-unik-dan-enak-rasanya-oabLWlrYOP.jpg
Korean lunch box cake. (Foto: YouTube Trivina Kitchen)

BEBERAPA waktu lalu viral di media sosial sebuah dessert unik yang populer di Korea. Makanan itu bernama Korean lunch box cake. Ini merupakan sebuah hidangan penutup berukuran mini dengan tampilan yang cantik.

Korean lunch box cake mulai viral di medsos lantaran banyak komentar warganet yang penasaran dengan rasa di balik tampilannya yang cantik itu. Akhirnya banyak orang-orang bereksperimen membuatnya sendiri dan dibagikan lewat akun medsosnya.

Kalau kalian penasaran bagaimana cara membuatnya, berikut ini resepnya, dan ternyata tidak terlalu sulit kok. Mengutip dari kanal YouTube Trivina Kitchen, Selasa (19/1/2021), berikut bahan dan cara membuat Korean lunch box cake.

Korean lunch box cake. (Foto: YouTube Trivina Kitchen)

Bahan Chocolate Sponge Cake:

- 105 gram tepung terigu protein rendah

- 15 gram bubuk cokelat

- Garam secukupnya

- 4 butir telur

- 120 gram gula

- Beberapa tetes cuka masak atau air jeruk nipis

- 40 gram minyak sayur atau minyak kanola

- 40 gram susu cair UHT

- 1 sendok teh vanila ekstrak

Bahan Buttercream:

- 500 gram mentega tawar (suhu ruang)

- 1 kaleng (395 gram) kental manis

- 1/4 sendok teh garam

- 2 sendok teh vanila ekstrak

- Pewarna makanan

Cara Membuat:

1. Haluskan 4 putih telur, beberapa tetes cuka masak, dan perasan jeruk nipis menggunakan mixer. Setelah terlihat berbuih, masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan mixer. Haluskan sampai mendapatkan tekstur seperti krim putih.

2. Masukkan 4 kuning telur ke adonan, kemudian aduk kembali sampai tercampur rata.

3. Masukkan 105 gram tepung dan 15 gram cokelat bubuk yang sudah diayak ke adonan, tambahkan sejumput garam, dan aduk sampai tercampur rata. Jika sudah sisihkan.

4. Ambil mangkuk berisi 40 gram minyak, kemudian campur dengan 40 gram susu cair UHT dan 1 sendok teh vanila. Aduk hingga rata dan sisihkan.

5. Campur adonan kedua adonan dengan memasukkannya sedikit demi sedikit sambil diaduk. Aduk rata sampai mendapat tekstur cair yang kental.

Korean lunch box cake. (Foto: YouTube Trivina Kitchen)

6. Jika sudah, masukkan adonan ke loyang yang sudah dialasi dengan baking paper, kemudian panggang di oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 180 derajat Celsius selama 30 menit. Jika sudah matang, keluarkan dari oven dan tunggu hingga dingin. Potong kue menjadi lingkaran.

7. Siapkan bahan untuk buttercream. Mixer 500 gram mentega tawar hingga halus seperti krim, kemudian tambahkan 1 kaleng susu kental manis, 2 sendok teh vanila, dan seperempat sendok teh garam, aduk kembali hingga rata selama 5 menit dengan kecepatan tinggi.

8. Ambil sedikit krim untuk dekorasi. Bagian sisa dari buttercream tadi akan digunakan untuk melapisi seluruh permukaan kue. Bagian sisa dari buttercream diberi pewarna sesuai selera, kemudian aduk hingga merata.

9. Tumpuk kue menjadi 2 lapis dan lapisi kue dengan buttercream sampai tertutup sempurna. Usahakan menutupnya dengan rapi ya.

10. Jika kue sudah terlapisi dengan baik, hias dengan krim dekorasi tadi sesuai selera. Jika ingin lebih bagus, berikan sedikit topping di atasnya. Korean lunch box cake sudah siap.

Selamat mencoba.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.