Taiwan diwakili pada pelantikan presiden AS untuk pertama kalinya sejak 1979

Perwakilan Taiwan secara resmi diundang untuk pelantikan presiden AS untuk pertama kalinya sejak berakhirnya hubungan diplomatik

Hsiao Bi-khim. (Kantor Perwakilan Ekonomi dan Budaya Taipei di gambar Amerika Serikat)

TAIPEI - Taiwan diwakili dalam kapasitas resmi pada pelantikan presiden AS pada Rabu (20 Januari) untuk pertama kalinya sejak AS memutuskan hubungan diplomatik lebih dari 40 tahun lalu.

Pada hari Rabu, utusan Taiwan untuk AS, Hsiao Bi-khim (蕭美琴), menghadiri pelantikan Presiden Joe Biden di Front Barat gedung Capitol. Pada pukul 11 ​​pagi, tepat sebelum Biden mengambil sumpah jabatan, Hsiao memposting tweet di mana dia menyatakan merupakan suatu kehormatan untuk mewakili Taiwan pada upacara pelantikan Presiden Biden dan Wakil Presiden Harris.



Dalam sebuah video yang dia unggah di tweet, Hsiao mengatakan: "Saya merasa terhormat berada di sini hari ini atas nama rakyat dan pemerintah Taiwan pada pelantikan Presiden Amerika Serikat Biden dan Wakil Presiden Harris. Dia menambahkan bahwa" Demokrasi adalah bahasa dan kebebasan kita bersama adalah tujuan kita bersama. Saya berharap dapat bekerja dengan pemerintahan berikutnya dalam memajukan nilai dan kepentingan bersama kami. "

Kehadiran Hsiao bersejarah, karena untuk pertama kalinya perwakilan pemerintah Taiwan diundang secara resmi oleh panitia pelantikan sejak Presiden Jimmy Carter memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan pada 1979. Sejak 1980-an, perwakilan Taiwan hanya bisa hadir jika mereka hadir. diberikan tiket masuk oleh masing-masing anggota Kongres.

Aturan pencegahan epidemi yang diberlakukan di tengah pandemi virus korona Wuhan mungkin telah memfasilitasi partisipasi terobosan Hsiao. Tahun ini, anggota DPRD tidak diberikan tiket masuk dalam jumlah besar, melainkan hanya diperbolehkan membawa pasangan atau kerabat dan teman lainnya.

Awalnya, Taiwan tampaknya tidak akan hadir, dengan Kementerian Luar Negeri (MOFA) menyatakan secara terbuka bahwa akan sulit bagi negara untuk diwakili pada pelantikan tahun ini mengingat pembatasan yang diberlakukan pada partisipasi. Namun, pada hari Rabu, MOFA mengeluarkan siaran pers yang menyatakan bahwa Hsiao telah menerima undangan resmi dari Joint Congressional Committee on Inaugural Ceremonies untuk menghadiri pelantikan Biden dan Harris atas nama pemerintah Taiwan.

Kementerian mengakui bahwa ini adalah pertama kalinya dalam beberapa dekade perwakilan Taiwan secara resmi diundang ke pelantikan presiden, "menunjukkan hubungan yang dekat dan bersahabat antara Taiwan dan Amerika Serikat berdasarkan nilai-nilai bersama." Kementerian berjanji bahwa di masa depan, pemerintah akan terus mempromosikan pertukaran dan kerja sama di semua tingkatan dan di berbagai bidang dengan pemerintahan Biden "atas dasar yang baik, dan selanjutnya memperdalam kemitraan Taiwan-AS."


Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.