Taman Nasional Baluran Kembali Dibuka, Pelancong Luar Jatim Wajib Rapid Test Antigen

https: img.okezone.com content 2021 01 05 406 2338942 taman-nasional-baluran-kembali-dibuka-pelancong-luar-jatim-wajib-rapid-test-antigen-0TE9cxe2PK.JPG

TAMAN Nasional Baluran kembali dibuka mulai hari ini, Selasa (5/1/2021). Kini, wisatawan yang ingin berkunjung wajib menyertakan beberapa persyaratan baru, salah satunya hasil negatif rapid test Covid-19.

Kabar ini tersebar melalui akun Instagram resmi @tamannasional_baluran. Sebelumnya, Taman Nasional Baluran ditutup pada libur tahun baru, sejak 21 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021 lalu. Meningkatnya kasus Covid-19 di Situbondo membuat penutupan diperpanjang sampai 4 Januari 2021.

Pembukaan objek wisata ini tentunya diikuti protokol kesehatan yang ketat. Pihak Taman Nasional Baluran mewajibkan wisatawan memakai masker, menjaga jarak, membawa peralatan makan dan perlengkapan ibadah sendiri, serta mencuci tangan di fasilitas yang telah disediakan.

Wisatawan diperbolehkan makan dan minum di kantin, dalam mobil pribadi, atau area piknik di Pantai Bama. Balita, lansia, dan penderita penyakit bawaan yang rentan tertular Covid-19 diimbau tidak berkunjung. Ketua rombongan juga dituntut bertanggung jawab atas perilaku anggotanya selama di dalam kawasan Taman Nasional Baluran.

Sejumlah persyaratan penting lain juga diterapkan untuk mengurangi dampak risiko meluasnya virus.

Pengunjung Objek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) di Taman Nasional Baluran wajib membawa KTP atau kartu identitas lain yang berlaku dan menunjukkan hasil negatif Covid-19.

Wisatawan asal Jawa Timur wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antibodi. Sedangkan, wisatawan dari luar Jawa Timur diharuskan membawa hasil negatif rapid test antigen.

Adapun wisatawan dari luar negeri atau asing, wajib memperlihatkan hasil negatif swab PCR. Ketiga hasil ini memiliki masa berlaku tiga hari sejak diterbitkan.

Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.