Tingkat pengangguran Hong Kong mencapai 6,6%, tertinggi dalam 16 tahun, saat kota tersebut berjuang melawan Covid-19

Para pejabat menyalahkan gelombang keempat virus korona dan mengatakan pasar tenaga kerja akan tetap di bawah tekanan dalam waktu dekat.

Tingkat pengangguran Hong Kong mencapai tertinggi 16 tahun 6,6 persen pada kuartal terakhir tahun lalu, angka yang dirilis pada hari Selasa menunjukkan, ketika ekonomi berjuang selama pandemi virus korona.

Tingkat pengangguran yang disesuaikan secara musiman meningkat 0,3 persen dari 6,3 persen pada periode September hingga November, dengan lebih dari 245.000 orang kehilangan pekerjaan.

Covid-19 coronavirus mtr kowloon tong Foto: Kaiser / HKFP.

Pengangguran meningkat di hampir semua sektor, dengan tingkat 13,8 persen di sektor kegiatan jasa makanan dan minuman karena penutupan terkait virus korona berdampak besar.

Sekretaris Hukum Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Chi-kwong mengatakan pasar tenaga kerja semakin memburuk karena gelombang pandemi terbaru.

"Karena gelombang keempat epidemi lokal terus membebani sentimen konsumsi lokal dan mengganggu aktivitas ekonomi, pasar tenaga kerja akan tetap berada di bawah tekanan penting dalam waktu dekat," kata Law dalam sebuah pernyataan.

“Pemerintah telah meluncurkan langkah-langkah yang ditargetkan akhir-akhir ini untuk memberikan dukungan lebih lanjut kepada sektor-sektor yang terkena dampak paling parah, dan akan terus memantau situasi dengan cermat.

Law Chi-kwong. File foto: Screenshot / RTHK.

Hong Kong telah berjuang dengan gelombang keempat sejak November tahun lalu. Kota ini telah mencatat 9.721 infeksi sejak awal pandemi dan 164 orang telah meninggal.

Bisnis terpukul keras oleh aturan jarak sosial seperti penutupan wajib gym dan salon kecantikan, dan pembatasan pertemuan kelompok tidak lebih dari dua orang.



Menanggapi permintaan industri untuk membuka sebagian, Kepala Eksekutif Carrie Lam mengatakan pada hari Selasa bahwa pemerintah telah melakukan pembicaraan dengan perwakilan industri selama beberapa bulan terakhir tetapi tidak ada rencana untuk memperpanjang skema dukungan ketenagakerjaan.

Pemerintah mengumumkan langkah-langkah bantuan putaran keempat pada Desember tahun lalu, dengan HK $ 6,4 miliar ditargetkan pada sektor-sektor yang terkena dampak parah.


Sumber : HKFP

No comments

Powered by Blogger.