Tsamara Amany: Kristen Gray Dikritik karena Salah

https: img.okezone.com content 2021 01 20 406 2347493 tsamara-amany-kristen-gray-dikritik-karena-salah-UKmaebd0VV.jpg

POLITIKUS Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Tsamara Amany Alatas ikut berkomentar atas kasus Kristen Gray, yang viral di media sosial. Turis Amerika Serikat itu dinyatakan bersalah karena menyebarkan informasi yang meresahkan melalui akun Twitternya @kristentootie.

"Apa yang Kristen Gray lakukan di Bali itu salah," kata Tsamara dari status laman Instagram story @tsamaradki.

Tsamara menambahkan, sekalipun turis asing berasal dari negara maju, bukan berarti bisa hidup seenaknya di Indonesia. Kristen Gray seharusnya tetap membayar pajak dan tak perlu mengajak turis asing lainnya untuk melakukan hal yang sama.

tsmara

"Hanya karena kamu berasal dari negara maju, bukan berarti bisa seenaknya di negara orang dengan enggak bayar pajak, overstay dan ngajak teman-teman kamu melakukan hal yang sama," bebernya.

Meski demikian, Tsamara mengingatkan kepada masyarakat Indonesia agar tidak sembarangan memberi kritikan terhadap Kristen Gray. "Kita mengkritik Kristen Gray karena dia salah, bukan karena ras atau gender orientationnya. Jadi, stop playing the race & gender card!," ucapnya.

Sebelumnya, pengacara Gray, Erwin Siregar mengatakan kliennya tidak bersalah karena tidak melanggar prosedur keimigrasian, meski cuitannya di Twitter menuai kontroversi. Namun dia mengakui bahwa cuitan pemilik akun @kristentootie memang menimbulkan pro-kontra.

“Tetapi, seandainya pun katakanlah dia 1.000 kali mentweet untuk mengundang orang datang ke Indonesia dalam masa Covid ini, tetapi kan kedatangannya sesuai aturan main,” ujar Erwin.

Menurutnya, pernyataan Gray yang menyebut biaya hidup di Bali lebih murah dari Amerika Serikat termasuk promosi agar orang-orang mau berkunjung ke Indonesia.

“Secara prosedur di mana pelanggarannya? Toh kalau pun saya mengundang orang datang ke Indonesia di masa Covid-19 sekarang ini, apakah saya berdaya memasukkan orang itu? Tentu harus ada aturan.”

Erwin mengatakan, kliennya yang bernama lengkap Kristen Antoinette Gray sempat shock usai cuitannya viral dan menuai kecaman dari netizen. Ia menahan diri tidak mengomentari netizen dan menyerahkannya pada pihak Imigrasi. Juga kabar terbarunya, Gray segera dideportasi dari Indonesia.

Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.