Volume perdagangan berjangka Taiwan memecahkan rekor pada tahun 2020

Volume perdagangan berjangka Taiwan memecahkan rekor pada tahun 2020

Permintaan lindung nilai risiko melonjak di pasar modal berkat wabah virus corona. (Foto CNA)

TAIPEI - Bursa berjangka Taiwan melihat level tertinggi baru pada tahun 2020 karena permintaan untuk lindung nilai risiko melonjak di pasar modal akibat wabah virus corona dan turbulensi dalam ekonomi politik global.

Taiwan Futures Exchange (TAIFEX) mengatakan lebih dari 341 juta kontrak diperdagangkan pada tahun 2020, yang mana 30 persen lebih tinggi pada tahun 2019 dan 10 persen lebih tinggi dari pada tahun 2018. Pada tahun 2020, permintaan untuk lindung nilai risiko meningkat di pasar modal, dengan rata-rata perputaran harian dalam perdagangan berjangka mencapai 1,39 juta.

TAIFEX menghubungkan terobosan tersebut dengan berbagai macam kebijakan keuangan baru yang diluncurkan selama bertahun-tahun, termasuk meningkatkan waktu perdagangan menjadi 19 jam per hari. Ada juga permintaan yang kuat untuk perdagangan berjangka di antara investor institusional dan ritel yang melihatnya sebagai alat lindung nilai untuk mengatasi ketidakpastian di pasar saham dan mata uang global di tengah ketakutan pandemi, memburuknya hubungan AS-China, dan sengketa hasil pemilihan presiden AS.


Pertumbuhan paling penting terjadi pada indeks co-branded dengan S&P 500, Dow Jones Industrial Average, dan Nasdaq 100, yang menunjukkan omset gabungan 2,91 juta kontrak pada 2020, naik 44 persen dari 2019, kata TAIFEX.
(Jz)


Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.