Yuk Bikin Susu Panggang yang Lagi Viral di Medsos, Ini Resepnya

https: img.okezone.com content 2021 01 18 298 2346151 yuk-bikin-susu-panggang-yang-lagi-viral-di-medsos-ini-resepnya-5rqUFGU9Ms.jpg
Kuliner unik susu panggang mendadak viral di media sosial. (Foto: YouTube Pufflovaa)

BEBERAPA waktu lalu sempat beredar sebuah video viral mengenai makanan susu panggang. Dari video itu, warganet pun terheran-heran dan bertanya apakah susu panggang yang dibuat rasanya enak?

Ternyata setelah sekian banyak orang yang penasaran dengan susu panggang tersebut, banyak yang membuatnya sendiri di rumah. Alhasil, rasanya memang enak.

Tekstur camilan ini sangat lembut dengan rasa manis seperti egg tart dan sangat mudah dibuat. Jika kalian penasaran, bisa juga kok membuatnya di rumah.

Bahan dan caranya simpel saja. Berikut resep untuk membuat susu panggang ala rumahan, seperti dikutip dari kanal Youtube Pufflova, Senin (18/1/2021).

Susu panggang. (Foto: YouTube Pufflovaa)

Bahan-Bahan:

- 500 mililiter susu cair UHT

- 2 butir telur diambil kuningnya saja

- 50 gram gula pasir (bisa disesuai selera)

- 50 gr tepung maizena

- Seujung sendok teh vanila (jangan terlalu jika pakai yang bubuk)


Cara Membuat:

1. Siapkan 500 ml susu cair UHT, masukkan 2 butir kuning telur ke wadah. Tambahkan 50 gr gula pasir, 50 gr tepung maizena, dan ¼ sendok teh vanila. Aduk sampai tercampur dengan rata.

2. Masak dengan api sedang, kemudian aduk hingga adonan mengental dan sedikit meletup. Jika sudah, pindahkan adonan ke wadah dan sisihkan untuk menghilangkan uap panas pada adonan.

3. Jika uap sudah hilang, masukkan ke kulkas sampai set. Jika sudah set, keluarkan dari kulkas dan potong kecil-kecil adonan sesuai selera.

4. Ambil potongan adonan tadi, dan letakkan di loyang dengan rapi. Oleskan adonan dengan egg wash (kuning telur yang sudah diaduk) menggunakan kuas.

5. Panaskan oven terlebih dahulu. Jika sudah panas, masukkan adonan ke oven dan panggang dengan suhu 200 derajat Celsius selama 20–25 menit atau hingga bagian atas adonan berubah warna. Jika sudah selesai, keluarkan dari oven dan tunggu sampai agak dingin.

6. Susu panggang viral sudah jadi. Selamat mencoba.



Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.