5 Cara Ampuh Simpan Bunga Supaya Tahan Lama

Ilustrasi cara simpan bunga supaya awet. (Foto: Topntp26/Freepik)

MENAMBAHKAN bunga sebagai hiasan akan memberikan kesan berwarna dan suasana baru pada ruangan. Tapi beberapa jenis bunga memiliki umur pendek untuk tetap segar.Maka itu, wajib tahu cara simpan bunga supaya tahan lama.

Seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (5/2/2021), para ahli dari UrbanStems dan ProFlowers mengungkapkan bahwa bunga seperti lili, mawar, daffodil, dan tulip sangat cepat layu setelah beberapa hari.

Guna mempertahankan keawetannya, berikut ini mereka bagikan tips yang wajib dilakukan supaya bunga tetap segar dan tahan lama.

1. Potong batangnya

Potonglah batang bunga 1–2 inci pada setiap ujungnya. Lakukan dengan potongan miring agar batang bisa menyerap air lebih banyak. Para ahli menyarankan memangkasnya setiap beberapa hari untuk menjaga kesegaran dan kebersihan.

Bunga. (Foto: Freepik)

2. Buang daunnya

Untuk mencegah tumbuhnya bakteri dalam vas, periksalah setiap hari dan buang daun atau kelopak bunga yang sudah berjatuhan di dalam air.

3. Pilih vas yang tepat

Beda jenis bunga beda juga vas yang dibutuhkan. Untuk bunga yang besar dan berat, potong pendeklah batangnya dan letakkan di vas yang rendah agar bisa menopang satu sama lain dan memiliki ruang untuk menyebar. Sementara bunga yang ringan, letakkan pada vas yang lebih tinggi.

4. Ganti air

Ini merupakan rangkaian yang perlu dilakukan dalam beberapa hari sekali secara rutin. Mengganti air, mencuci vas, dan memotong ujung batang secara miring. Jangan lupa untuk selalu menggunakan air bersuhu ruangan. Dijamin bunga akan selalu segar dan tahan lama.

5. Hindari sinar matahari langsung

Untuk mempertahankan keawetan bunga, jauhkan dia dari sinar matahari langsung dan peralatan-peralatan yang menghasilkan suhu tinggi atau rendah. Pastikan bunga selalu dalam keadaan suhu ruangan.




Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.