5 Hal yang Harus Dihindari saat Imlek, Dianggap Bawa Sial Sepanjang Tahun

Hari Raya Imlek (Foto: China Hightlights)

Hari Raya Imlek sangat kental dengan tradisi dan budaya Tionghoa secara turun-temurun yang sudah ada sejak ratusan tahun lamanya. Tak heran jika banyak hal yang tabu untuk dilakukan menjelang dan saat hari raya Imlek.

Dipercaya bahwa orang yang nekat melakukan hal yang dianggap tabu itu, akan mendapatkan sial sepanjang tahun.

Merangkum dari China Highlights, Rabu (10/2/2021), berikut hal tabu yang tidak boleh dilakukan saat tahun baru Imlek.


1. Dilarang meminum obat

Masyarakat Tionghoa menganggap menyeduh jamu atau meminum obat pada hari pertama tahun lunar, adalah hal yang tabu. Mereka percaya jika melakukan hal itu, seseorang akan sakit selama setahun penuh.

Pada malam Imlek, orang yang sakit-sakitan sengaja menyingkirkan obat mereka dengan keyakinan bahwa kebiasaan ini akan mengusir penyakit di tahun yang akan datang.

2. Jangan menyapu atau membuang sampah

Tindakan menyapu saat Imlek dipercaya dapat menyapu kekayaan. Sedangkan membuang sampah melambangkan membuang keberuntungan dari rumah.

3. Dilarang makan bubur dan daging untuk sarapan

Bubur tidak boleh dimakan, karena dipercaya hanya orang miskin yang mengonsumsi bubur untuk sarapan pagi. Sementara orang tidak ingin memulai tahun dengan ‘kemiskinan’ karena ini pertanda buruk.

Selain itu, daging tidak boleh dimakan saat sarapan untuk menghormati dewa (Buddha yang diyakini menentang pembunuhan hewan). Sebab semua dewa diharapkan keluar untuk bertemu dan mengucapkan selamat Tahun Baru satu sama lain.

4. Dilarang keramas dan mencuci baju

Masyarakat Tionghoa tidak mencuci pakaian pada hari pertama dan kedua Imlek. Sebab dua hari ini diperingati sebagai hari lahir Shuishen (Dewa Air).

Rambut tidak boleh dicuci pada hari pertama Imlek. Dalam bahasa China, rambut memiliki pengucapan yang sama dengan fa in facai yang berarti 'menjadi kaya'. Oleh karena itu, mitos menyebut bukan hal yang baik untuk membasuh kekayaan di awal tahun baru.

5. Pekerjaan menjahit tidak boleh dilakukan

Penggunaan pisau dan gunting harus dihindari untuk mencegah kecelakaan, baik yang merugikan seseorang maupun merusak alat. Menjahit saat Imlek diduga dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak menguntungkan dan menipisnya kekayaan di tahun mendatang.



Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.