5 Pemain Sepakbola Indonesia yang Mendunia, Nomor 2 Pernah Bobol Gawang AC Milan

Rochi Putiray (kanan) bersama Bambang Pamungkas. (Foto: Instagram/@rochi21putiray)

SEJUMLAH pemain sepakbola Indonesia ada yang mendunia. Meski tak ada prestasi sepakbola Indonesia yang membanggakan (terakhir kali menjadi juara di level senior pada SEA Games 1991), namun ada sejumlah pemain sepakbola Indonesia yang namanya berkibar di level global.

Kali ini, Okezone akan membahas sejumlah pemain sepakbola Indonesia yang mendunia. Siapa saja?


Berikut 5 pemain sepakbola Indonesia yang mendunia:

5. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas

Bagi pencinta Timnas Indonesia di awal 2000-an, pasti tak asing dengan sosok Bambang Pamungkas. Gelar top skor tak asing dengan sosok yang biasa disapa Bepe tersebut. Terbukti ia sempat menjadi top skor Liga Indonesia 1999-2000 (Persija Jakarta) dan pencetak gol terbanyak Piala Tiger/AFF 2002 (Timnas Indonesia).

Bepe pernah berkibar saat membela klub asal Malaysia, Selangor FA, dalam kurun 2005-2007. Dibantu rekan sekompatriotnya Ellie Aiboy, Bepe membantu Selangor meraih treble winner pada 2005. Sebut saja Malaysia Premier League, Malaysia Cup dan Malaysia FA Cup.

4. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi

Kurniawan sempat berguru di tim Sampdoria Primavera. Karena memilki kualitas, Kurniawan Dwi Yulianto pun disertakan pelatih Sampdoria saat itu, Sven Goran Eriksson untuk berlatih bersama tim utama yang diperkuat Roberto Mancini, Ruud Gullit dan banyak lagi pada 1994.

Bahkan Kurniawan Dwi Yulianto dibawa pelatih Eriksson saat Sampdoria menjalani tur Asia (Indonesia, Thailand dan Hong Kong) medio Mei 1994. Saat itu, Kurniawan pun turun saat Sampdoria menghadapi Indonesia Selection dan mencetak gol di laga tersebut.

Kelar membela Sampdoria, Kurniawan hengkang ke FC Luzern yang mentas di kasta teratas Liga Swiss. Menurut laman transfermakt, Kurniawan turun dalam 25 pertandingan dengan koleksi tiga gol bersama FC Luzern. Salah satu laga yang dijalani Kurniawan adalah menghadapi Tottenham Hotspur yang diperkuat Jurgen Klinsmann di ajang Piala Intertoto.

3. Widodo C. Putro

Widodo

Nama Widodo C. Putro melambung usai mencetak gol Salto di Piala Asia 1996. Saat itu menerima umpan silang Ronny Wabia, tendangan salto Widodo tak dapat ditahan kiper Kuwait.

Medio tahun lalu, AFC menggelar polling soal gol terindah yang pernah diciptakan pemain asal Asia. Gol Widodo C. Putro pun keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan gol pemain asal Lebanon, Abbas Chahrour.

2. Rochi Putiray

Rochi Putiray

Indonesia sempat memiliki penyerang bernama Rochi Putiray. Ia tercatat 41 kali membela Timnas Indonesia dengan koleksi 17 gol. Karier Rochi Putiray pun tak hanya berkutat di sepakbola lokal.

Ia sempat berkarier di Liga Hong Kong bersama Happy Valley dan Kitchee SC. Ketika membela Kitchee SC itulah, Rochi Putiray mencetak salah satu pencapaian tertinggi dalam hidupnya.

Dalam laga uji coba Kitchee vs AC Milan yang digelar di Hong Kong pada pengujung Mei 2004, Rochi Putiray mencetak dua gol! Hebatnya berkat gol dari Rochy, Kitchee menang 2-1 atas AC Milan. Meski mayoritas pemain Milan sedang bersiap tampil di Piala Eropa 2004, namun pemain-pemain top mereka tetap ikut serta seperti Andriy Shevchenko, Serginho hingga sang kapten, Paolo Maldini.

Karena itu, Rochi Putiray layak masuk salah satu pemain sepakbola Indonesia yang mendunia.

1. Elkan Baggott

Elkan Baggott

Berbeda dengan nama lain yang sudah pensiun, Elkan Baggott berstatus pesepakbola aktif. Bek 18 tahun ini tercatat sebagai pesepakbola pertama Indonesia yang mentas di kasta ketiga sepakbola Inggris.

Elkan Baggott baru saja mendapat kontrak profesional dari klub League One, Ipswich Town, dan terikat hingga 30 Juni 2023. Memiliki tinggi badan mencapai 196 sentimeter, Elkan Baggott dinilai dapat tumbuh sebagai salah satu bek terbaik dunia.

Sebelum mengikat kontrak dengan Ipswich, Elkan Baggott sempat masuk buruan Manchester United, West Ham United, Everton hingga Leeds United. Karena itu, hanya masalah waktu bagi Elkan Baggott untuk mentas di Premier League.




Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.