5 Tips Selamatkan Makanan di Kulkas saat Listrik Padam

Ilustrasi. Terdapat beberapa tips sederhana untuk menjaga makanan Anda tetap aman dan segar selama pemadaman listrik. (iStockphoto/Moyo Studio)


Pemadaman listrik menjadi kondisi yang mengkhawatirkan, terutama jika hal itu mempengaruhi pasokan makanan Anda.

Seringkali, salah satu masalah terbesar selama pemadaman listrik yang berkepanjangan adalah keamanan makanan di dalam lemari es dan freezer Anda.

Berikut beberapa tips sederhana untuk menjaga makanan Anda tetap aman dan segar selama pemadaman listrik, sebagaimana dilansir dari Insider.

1. Tutup pintu lemari es selama mungkin

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan selama pemadaman listrik adalah memastikan pintu lemari es dan freezer tetap tertutup rapat dan jangan sering dibuka.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), dalam pemadaman listrik, lemari es tertutup akan tetap dingin hingga empat jam dan freezer tertutup akan mempertahankan suhunya selama 24 jam jika setengah penuh dan 48 jam jika itu penuh.

Selama beberapa jam pertama setelah pemadaman listrik, Anda harus mengambil makanan yang diperlukan di lemari pendingin sehingga Anda tidak perlu terus membuka pintu lemari es.

2. Siapkan termometer untuk disimpan di dalam kulkas

Menurut USDA, Anda harus selalu menjaga lemari es Anda pada atau di bawah 4 derajat celsius dan freezer Anda pada atau di bawah 0 derajat.

Menyimpan termometer di dalam lemari es dan freezer adalah cara yang bagus jika listrik padam. Ini dapat memberi tahu Anda ketika lemari es atau freezer telah menghangat ke titik yang tidak aman tanpa daya.

3. Simpan ekstra es

Beli kantong es ekstra untuk disimpan di dalam freezer untuk membantu menjaga suhunya, dan untuk digunakan nanti jika Anda harus memindahkan makanan ke pendingin.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membeli es kering jika terjadi pemadaman listrik. Namun pastikan untuk menanganinya dengan aman dan hindari menyentuhnya dengan tangan kosong.

USDA juga merekomendasikan untuk menyimpan botol air di freezer Anda. Ini tidak hanya akan membantu menjaga makanan beku tetap dingin lebih lama, tetapi Anda juga akan memiliki persediaan air minum segar jika persediaan air Anda terkontaminasi.

4. Kelompokkan makanan beku

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) merekomendasikan untuk mengelompokkan semua makanan beku Anda ke dalam freezer jika Anda mengantisipasi pemadaman listrik.

Ini akan membantu menjaga makanan Anda lebih dingin untuk jangka waktu yang lebih lama.

5. Pindahkan makanan dari bagian pendingin ke freezer

Jika ada kemungkinan pemadaman listrik, FDA menyarankan untuk memindahkan beberapa makanan yang didinginkan ke lemari pembeku Anda untuk menjaganya pada suhu yang aman untuk jangka waktu yang lebih lama.

Barang-barang seperti susu, daging, dan sisa makanan yang tidak Anda butuhkan segera dapat dipindahkan dengan aman ke freezer selama pemadaman listrik.



Sumber : cnnindonesia.com

No comments

Powered by Blogger.