6 Hal Penting Sebelum Olahraga untuk Mendapatkan Hasil Optimal

Pemanasan jadi hal penting sebelum olahraga untuk mendapatkan hasil optimal. (Foto: Mohamed Hassan/Pixabay)

ADA dua tipe orang dalam olahraga. Pertama yang bertujuan menurunkan berat badan dan hidup sehat, sedangkan yang kedua sekadar meningkatkan stabilitas mental serta mendapatkan endorfin.

Semua itu tentu sah-sah saja, tapi saat memiliki tujuan olahraga yang lebih serius perlu memerhatikan beberapa hal khusus supaya mendapatkan hasil optimal.

Jangan sampai tenaga dan waktu yang sudah dihabiskan untuk olahraga tidak menghasilkan apa-apa pada tubuh. Maka itu, perlu diperhatikan hal-hal penting sebelum olahraga berikut ini, seperti dilansir laman Byrdie.

1. Rencanakan dengan matang

Saat memiliki target olahraga, pastikan sudah memiliki rencana panjang ke depannya. Ini membantu diri untuk bisa konsisten. Menurut para ahli, olahraga yang efektif dilakukan saat pagi hari karena akan membantu meningkatkan metabolisme. Tapi malam tidak jadi masalah karena dapat memberikan keuntungan dalam tenaga dan kapasitas kerja tubuh.

Olahraga. (Foto: Shutterstock)

2. Pemanasan dinamis

Ingatlah untuk tidak terburu-buru dalam melakukan olahraga karena faktanya masih banyak orang yang sering melewatkan pemanasan. Padahal ini akan sangat membantu untuk menghangatkan otot dan melindungi diri dari rasa pegal. 

3. Menggunakan foam roller

Alat bantu olahraga ini tidak saja sedang ngetren, tapi juga bisa membantu sebagai penghilang stres, dapat meningkatkan sirkulasi, merangsang sistem limfatik, serta membuat otot lebih lentur.

4. Makan dan minum dengan benar

American College of Sports Medicine merekomendasikan minum air putih 2 hingga 3 gelas beberapa jam sebelum olahraga. Bisa juga meminum secangkir kopi karena kafeinnya bisa merangsang sistem saraf untuk meningkatkan kinerja. Satu jam sebelum olahraga juga sebaiknya berikan asupan pada tubuh berupa makanan tanpa lemak dan karbohidrat, misalnya dada ayam dan nasi.

5. Mengonsumsi suplemen

Mempertimbangkan konsumsi suplemen sebelum olahraga di kondisi tubuh yang kurang sehat merupakan pilihan terbaik. Pasalnya ini bisa meningkatkan energi tubuh, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan konsentrasi. Tetapi tetap memerlukan pemeriksaan dokter untuk memastikan bahwa itu aman.

6. Tidur yang cukup

Tidur merupakan faktor lainnya yang bisa menentukan hasil dari olahraga pada tubuh. Istirahat yang cukup benar-benar berpengaruh pada pelepasan dan keseimbangan dopamin dan serotonin, sehingga suasana hati yang tercipta bisa membawa kualitas kerja tubuh yang baik.



Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.