9 hidangan Tahun Baru Imlek favorit di Taiwan

Informasi tentang apa yang keluarga di seluruh Taiwan makan pada Tahun Baru Imlek ini

(Foto Wikimedia Commons)

KAOHSIUNG - Ada banyak tradisi yang diikuti di seluruh Taiwan pada Tahun Baru Imlek ini, tapi mungkin yang paling populer dan penting dari tradisi itu adalah pesta.

Ini adalah festival di mana keluarga menabung dan melakukan segala yang mereka bisa untuk memastikan meja mereka dibebani dengan hidangan tradisional yang dibuat dengan bahan-bahan segar.

Apa yang akan dimakan orang Taiwan selama liburan Tahun Baru Imlek? Berikut adalah daftar sembilan favorit:

1. Kue lobak / lobak

Kue lobak, atau kue lobak (seperti yang kadang-kadang disebut), adalah hidangan dim sum tradisional. Ini juga merupakan camilan yang harus dimakan selama Tahun Baru Imlek dan hampir selalu ada di menu pada pesta keluarga.


Ini sebagian karena rasanya yang sangat enak, membuatnya populer di kalangan orang Taiwan baik tua maupun muda. Tapi mungkin yang lebih penting, kata Mandarin untuk hidangan ini, "cai tou guo" (菜 頭 粿) terdengar mirip dengan kata keberuntungan: "cai tou" (彩 頭).

2. Kumquat dan jeruk

Nama sangat penting sepanjang tahun ini, dan sementara kumquat dan jeruk segar selalu lezat, nama juga yang paling penting di sini.

Kata Mandarin untuk Kumquat - "jin ju" (金橘) - mengandung kata emas - "jin" (金) - dan karena itu buahnya dipandang sebagai simbol keberuntungan yang kemungkinan besar akan membawa kekayaan bagi keluarga di tahun mendatang .

Warna jeruk juga menyerupai emas. Lebih baik lagi, kata untuk jeruk - "juzi" (橘子) - terdengar mirip dengan kata keberuntungan - "jili" (吉利).

3. Hot Pot

Tidak ada permainan kata linguistik yang terjadi dengan hidangan ini, tetapi hot pot sangat populer di waktu-waktu terbaik dan dua kali lipatnya di musim ini. Ada beberapa alasan untuk ini.

Di bulan-bulan musim dingin yang lebih dingin, panci panas yang mengepul adalah makanan yang enak. Ini juga merupakan hidangan sosial, dengan seluruh keluarga berkumpul di sekitar meja, memasak, dan makan dari panci yang sama.

Pada catatan yang lebih praktis, panci panas relatif mudah untuk dibeli dan disiapkan, dan memasak dilakukan bersamaan dengan makan, jadi tidak perlu ada orang yang menghabiskan waktu berjam-jam bekerja keras di dapur sebelumnya.



4. Kue ketan

Kue ketan atau "niangao" digoreng dan dimakan sebagai makanan penutup. Ini adalah makanan manis berminyak yang disukai oleh anak-anak dan siapa pun yang menyukai makanan manis.

Tak perlu dikatakan, ada beberapa permainan kata yang terjadi dengan hidangan ini. "Niangao" (年糕) diucapkan persis seperti frasa yang diterjemahkan menjadi "setiap tahun, lebih tinggi" (年高).

Ini terkait dengan baik dengan frase keberuntungan tradisional, "nian nian gaosheng" (年年 高升), atau "lebih tinggi dan lebih tinggi, tahun demi tahun," dan dapat merujuk pada kesehatan anak atau margin keuntungan dari bisnis.

Manis dan enak dan semoga berhasil juga. Apa yang tidak disukai?

5. Pangsit

Pangsit dikatakan memiliki bentuk yang sama dengan batangan emas yang digunakan sebagai mata uang pada zaman kuno.

Kata Mandarin untuk pangsit - "jiaozi" (餃子) - terdengar mirip dengan kata kuno untuk koin kecil (角子), yang menjelaskan mengapa beberapa keluarga meneruskan tradisi meletakkan koin kecil di dalam salah satu pangsit.

Diyakini bahwa orang yang menemukan koin ini akan memiliki keberuntungan yang lebih baik untuk tahun yang akan datang - dimulai, mungkin, dengan tidak tersedak koin di pangsitnya.

6. Mie panjang dengan kaki babi

Hidangan daging babi telah lama melambangkan kekayaan dan kemakmuran dan karena itu populer selama Tahun Baru Imlek. kaki daging babi merupakan simbol kekayaan.

Terlepas dari kontroversi yang sedang berlangsung atas penjualan daging babi AS di Taiwan, ini akan terus terjadi tahun ini. Biasanya, mereka akan dimakan bersama mie yang sangat panjang.

Mie ini dikenal sebagai mie umur panjang - "changshou mian" (長壽 麵) - dan melambangkan umur panjang. Mereka secara tradisional dimakan pada Hari Tahun Baru Imlek tetapi dapat dikonsumsi selama periode perayaan.

7. Beras

Saya tahu, saya tahu, nasi dimakan hampir setiap hari di Taiwan, dan tentu saja, Tahun Baru Imlek tidak terkecuali. Namun pembeda yang penting pada hari ini adalah makan nasi dan bukan bubur.

Bubur beras dibuat pada saat-saat sulit ketika persediaan beras sedikit dan orang harus bertahan lebih lama. Oleh karena itu, sangat tidak beruntung untuk memakannya di awal tahun baru, dan orang-orang pasti akan makan nasi yang layak, yang seringkali tersisa dari pesta Malam Tahun Baru.

8. Ikan

Ikan adalah hidangan penting untuk festival Tahun Baru Imlek karena kata Mandarin untuk ikan - "yu" (魚) - terdengar seperti kata surplus (餘). Makan ikan karenanya melambangkan memiliki banyak, dan karakter ini sering ditemukan pada bait merah yang dipasang orang di sekitar pintu mereka.

9. Kue nanas

Hadiah di mana-mana yang Anda ambil di bandara saat terbang keluar dari Taiwan adalah tradisi Tahun Baru Imlek yang sangat penting.

Nanas melambangkan kekayaan dan kemakmuran, dan ini karena buahnya diucapkan "ong lai" dalam bahasa Taiwan, yang dapat diterjemahkan menjadi kemakmuran yang akan datang.

Seperti jeruk dan kumquat, warna juga menjadi faktor, karena melambangkan keberuntungan. Nanas segar memang enak, tetapi karena tidak terlalu musim di Taiwan, lebih umum bagi orang untuk menikmati kue nanas terbaik yang dapat mereka temukan.

Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.