Aksi Warga Tuban Ramai-ramai Beli 176 Mobil Usai Dapat Uang Miliaran Rupiah




      Warga satu desa di Tuban beramai-ramai memborong 176 mobil baru hingga videonya viral. Mereka membeli mobil usai mendapat uang hingga miliaran Rupiah.




Aksi yang viral itu terjadi di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban. Kades Sumurgeneng, Gihanto membenarkannya. Menurutnya, warga beramai-ramai memborong mobil baru usai menerima uang ganti rugi pembebasan lahan untuk pembangunan kilang minyak, dari Pertamina dan Rosneft, perusahaan asal Rusia.

Tanah warga dibayar dengan harga Rp 600 ribu sampai Rp 800 ribu per meternya. Ia menambahkan, uang yang diterima warga terbilang banyak. Sehingga mereka memutuskan membeli mobil, yang bisa digunakan untuk sehari-hari.

Gihanto juga mengatakan sudah ada ratusan warga yang membeli mobil dengan uang tersebut. Bahkan di antara mereka ada yang memiliki 2 sampai 3 mobil baru.

"Sampai sekarang sudah ada sekitar 176 mobil baru yang datang. Terakhir kemarin ada 17 mobil baru," kata Gihanto saat dihubungi detikcom, Selasa (16/2/2021).

Menurutnya, rata-rata warga mendapatkan uang ganti rugi pembebasan lahan Rp 8 miliar. Lalu ada warga dengan kepemilikan lahan 4 hektare yang menerima Rp 26 miliar.

"Ada juga warga Surabaya yang memiliki lahan di sini mendapat Rp 28 miliar," imbuh Gihanto.

Di Desa Sumurgeneng ada 840 KK. Sedangkan yang lahannya dijual karena masuk penetapan lokasi (penlok) untuk kilang minyak ada 225 KK.

"Ya memang kondisinya begitu, dapat uang lalu beli mobil. Ada juga yang dibelikan tanah lagi maupun bangun rumah juga," pungkasnya.

Sumber :detik

No comments

Powered by Blogger.