Apa Itu Cinta? Ini Definisinya Menurut Ahli

Apa Itu Cinta? Ini Definisinya Menurut Ahli

Setiap manusia pasti merasakan cinta. Entah itu cinta pada sesama manusia, binatang, tumbuhan, alam, dan hal-hal lainnya. Tapi apakah Anda tahu apa itu cinta sebenarnya?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) cinta diartikan sebagai suka, sayang, kasih, berharap, keinginan, dan rindu. Lalu, apa itu cinta? Berikut definisi cinta menurut para ahli.

1. Robert J. Sternberg

Dalam teori segitiga cinta, Robert J. Sternberg mengungkapkan bahwa cinta adalah bentuk emosi manusia yang paling dalam dan paling diharapkan. Manusia mungkin akan berbohong, menipu, mencuri dan bahkan membunuh atas nama cinta dan lebih baik mati daripada kehilangan cinta. Cinta dapat meliputi setiap orang dan dari berbagai tingkatan usia.

2. Masters, W. H. dkk.

Sementara itu, menurut Masters, W. H. dkk. cinta didefinisikan sebagai tugas yang sulit. Selain cinta pada pasangannya yaitu baik lelaki maupun wanita. Manusia dapat mencintai anak maupun orang tua, saudara, hewan kesayangan, negara atau Tuhan sama seperti mereka mencintai makanan kesukaan, pelangi dan olahraga favoritnya.

3. Hendrick dan Hendrick

Pendapat berbeda diungkapkan oleh Hendrick dan Hendrick, menurutnya tak ada satupun fenomena yang menggambarkan apa itu cinta. Sebab, cinta adalah seperangkat keadaan emosional dan mental yang kompleks. Setiap individu juga mengalami tipe-tipe cinta yang berbeda-beda bentuk serta kualitasnya.

4. Zick Rubin

Cinta adalah suatu sikap yang ditujukan pada seseorang terhadap orang lain dan dinilai sebagai sesuatu yang istimewa, memengaruhi cara berpikir, merasa, dan bertingkah laku.

5. Liebowitz

Cinta adalah perasaan positif yang kuat dan dirasakan oleh seseorang. Selain itu, cinta adalah perasaan positif terkuat yang pernah dialami dan dirasakan manusia. Setiap jenis cinta yang dirasakan, perhatian terhadap orang yang dicintai adalah elemen penting dari cinta.

Sebab, tanpa adanya perhatian yang murni, maka cinta itu hanya berupa hasrat. Selain perhatian, dalam cinta juga membutuhkan rasa hormat yang akan membuat setiap individu saling menghargai dan orang yang dicintai dan terhindar dari perasaan eksploitasi.

Demikian penjelasan apa itu cinta dari berbagai para ahli. Apakah sekarang kalian sudah paham pengertian cinta? Atau mungkin kamu sendiri sedang jatuh cinta?

Sumber : suara

No comments

Powered by Blogger.