Berkunjung ke Dongyue Temple, Kuil yang Disebut Replika Neraka

Patung di kuil. (Foto: Instagram hm130331)

PERNAH membayangkan apa saja yang akan menyapa Anda di akhirat? Dongyue Temple di China dapat memberikan Anda gambarannya.

Dongyue Miao berarti Kuil Bukit Timur, berdiri di jantung Distrik Chaoyang Beijing. Menurut beberapa sumber, Dongyue Temple dibangun pada tahun 1319 hingga 1922 saat Dinasti Yuan. Kuil ini hanya ramai di waktu-waktu tertentu seperti Tahun Baru Imlek, Dragon Boat Festival, dan Festival Musim Semi saat ada pameran dan perayaan di sana.

Tidak seperti kuil lain yang menyuguhkan suasana tenang dan aman, Dongyue Temple malah sebaliknya. Kuil ini mendapat julukan Neraka Daois atau Inferno Dante versi Asia karena suasana beberapa ruangannya agak mencekam.

 kuil

(Instagram frankie_xie)

Sesaat masuk ke area kuil, pengunjung akan disambut oleh sejumlah kamar dengan penghuni yang tidak biasa. Penghuni tersebut berupa patung-patung yang mewakili penghuni 76 departemen kerajaan supernatural yang diyakini Kaum Tao akan menjadi tempat perbuatan mereka selama di dunia dipertanggungjawabkan.

Departemen yang ramai dikunjungi adalah Departemen Pengendalian Pencurian dan Perampokan, Departemen Distribusi Obat, Departemen Kejahatan Dibayar dengan Kejahatan, dan Departemen Kematian yang Tidak Adil.

Terdapat patung-patung yang mendemonstrasikan pembalasan dosa manusia, seperti sebuah patung dengan kondisi lidah terjulur panjang. Bersebelahan dengan patung tersebut merupakan patung yang menggambarkan makhluk berbadan merah tengah memegang pisau dan bersiap memotong lidah orang di sampingnya. Ada juga patung dengan badan manusia berkepala hewan, makhluk biru bertaring, dan masih banyak lagi.

Namun, tidak semua ruangan menggambarkan kekejaman yang membuat pengunjung takut. Beberapa patung didedikasikan untuk biksu dan pendeta Tao yang sedang memantau apakah semua mematuhi aturan dan hukum ajaran Tao.

Banyak orang berkunjung ke Dongyue Temple untuk menyumbang dalam bentuk amplop merah berisi uang, dupa, atau fupai. Mereka meyakini dengan melakukan hal tersebut, keberuntungan dan kemakmuran akan menghampiri mereka. Sumbangan tersebut juga dipercaya dapat membantu dalam aspek tertentu, tergantung pada departemen mana mereka menyumbang.

Penganut Taoisme memang sangat mementingkan kehidupan akhirat. Keyakinan mereka menyatakan bahwa setelah kematian, jiwa hanya dilepaskan dari tubuh untuk melanjutkan keberadaannya yang kekal. Mereka juga menganggap Neraka merupakan tempat yang terorganisir dan terstruktur.

Selain itu, Kuil Dongyue juga terhubung dengan The Folk Museum. Di sana menyimpan sejarah-sejarah Tiongkok dan telah menjadi tuan rumah banyak pameran tradisi serta budaya kuno China. Lebih dari 1.600 artefak dari dinasti Qin dan Ming ada di museum tersebut.




Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.