China Sita Ribuan Dosis Vaksin Corona Palsu, Tangkap 80 Orang




      Kepolisian China berhasil membongkar sindikat pemalsu vaksin virus Corona (COVID-19) di wilayahnya. Puluhan orang ditangkap terkait sindikat ini dan ribuan dosis vaksin Corona palsu disita dalam operasi di berbagai wilayah.




Seperti dilaporkan kantor berita Xinhua dan dilansir Reuters, Selasa (2/2/2021), penangkapan dan penyitaan ini merupakan bagian dari operasi Kepolisian China dalam memerangi kejahatan terkait vaksin. Operasi ini dilakukan oleh Kepolisian China di berbagai lokasi, termasuk Beijing, Shanghai dan Provinsi Shandong.

Dalam operasi itu, polisi China menangkap lebih dari 80 orang dan menyita lebih dari 3 ribu vaksin Corona palsu.

Xinhua dalam laporannya menyebut para tersangka telah melakukan tipu muslihat ini sejak September tahun lalu. Seluruh dosis vaksin Corona palsu yang diproduksi sindikat itu telah berhasil dilacak.

Disebutkan bahwa vaksin-vaksin palsu itu dibuat dengan menyuntikkan saline atau larutan garam ke dalam jarum suntik.

Surat kabar pemerintah China, Global Times, yang mengutip seorang sumber yang dekat dengan produsen vaksin China, menyebut para tersangka berniat mengirimkan vaksin-vaksin Corona palsu itu ke luar negeri.

Negara-negara di dunia tengah meluncurkan program vaksinasi Corona dengan harapan mengakhiri pandemi yang merajalela setahun terakhir.


Sumber :detik

No comments

Powered by Blogger.