Gelar Rapim, Menparekraf Beberkan Poin Utama Meningkatkan Wisata di Belitung


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkap beberapa poin utama dalam Rapat Pimpinan terkait tindaklanjut dari kunjungan kerjanya ke Belitung akhir pekan lalu.

Poin pertama, Sandiaga mangatakan bahwa spot-spot wisata menarik harus segera ditingkatkan, khususnya yang mampu memanfaatkan the power of social media.

"Contohnya seperti Instagram dan TikTok untuk lebih menarik banyak wisatawan," tulis Menparekraf Sandiaga seperti dikutip MNC Portal dari akun Instagram pribadinya.

Selain itu, Sandiaga mengatakan, Belitung dinilai sangat cocok menjadi salah satu daerah untuk menjalankan program Work From Destination dan School From Destination.

Potensi ini nantinya akan dimaksimalkan seiring dengan munculnya tren digital nomads yang sempat booming beberapa waktu lalu. Kemenparekraf juga berencana mengembangkan potensi alam Belitung yang dinilai dapat membuka luas lapangan kerja.

"Kemarin, kami juga sempat meninjau Kawasan Hutan Kemasyarakatan Juru Seberang dan Bukit Peramun. Kita akan integrasikan dan kembangkan, memanfaatkan potensi wisatanya untuk membuka luas lapangan kerja," kata Sandiaga.


"Saya juga mendapat banyak curhatan dari pelaku usaha ekonomi kreatif terkait ongkos kirim yang mahal, kita akan bantu dengan promosi ongkir untuk para pelaku UMKM," tegasnya.

Dari sports tourism (pariwisata olahraga), Sandiaga menegaskan, Belitung siap untuk menggelar ajang Indonesia Triathlon Series yang rencananya akan dilaksanakan pada Maret mendatang. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang baik.

Sementara, terkait pengembangan SDM di Belitung, akan diadakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat di sana.

"Harapannya, selain mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang berkualitas, mereka juga punya kemampuan untuk menciptakan lapangan kerjanya sendiri," tandasnya.


Sumber :Sindonews.com

No comments

Powered by Blogger.