Ini Keuntungan Atur Keuangan sejak Dini agar Hidup Tak Banyak Utang

Rupiah (Foto: Shutterstock)

 Mengatur keuangan pribadi memang tidak mudah. Bahkan ada yang berpendapat bahwa mencari uang lebih mudah daripada mengelolanya. Sebab kebanyakan penghasilan sifatnya terbatas, namun keinginan tak terbatas.

Terlebih saat ini, di mana budaya konsumerisme semakin tinggi. Biarpun memiliki banyak uang, tanpa manajemen pengaturan keuangan yang baik, bisa dipastikan uang akan terbuang percuma. Oleh karena itu, harus memiliki kontrol yang baik terhadap keuangan.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah berapapun gaji yang diterima, apabila tidak pandai dalam mengaturnya maka dipastikan masalah keuangan akan selalu muncul.

Mengutip dari buku Cara Gampang Mengelola Keuangan Pribadi dan Keluarga karya Indrasto Budisantoso & Gunanto, Jumat (19/2/2021) semakin dini mengatur keuangan, hidup akan semakin baik dan layak di masa kini dan di masa mendatang.

Salah satunya dengan mencatat penerimaan, pengeluaran, anggaran bulanan, tabungan, dan utang. Dengan melakukan hal tersebut, akan dapat melihat langsung surplus atau defisit dari keuangan tiap bulannya. Dengan demikian, ketika nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa diantisipasi dari jauh-jauh hari.

Pengelolaan keuangan memiliki beberapa keuntungan, di antaranya turut membantu memberikan gambaran rill keuangan dalam kehidupan sehari hari, meningkatkan efektivitas arus keuangan, baik dalam perolehan maupun penggunaan, dan mengendalikan keuangan dengan mencegah utang berlebih.

Kemudian membuat setiap keputusan keuangan lebih terarah dan tercapainya tujuan ekonomis yang telah direncanakan, dan mengantisipasi adanya risiko keuangan yang tidak terduga di masa mendatang.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.