Kapal perusak AS meluncur melalui Selat Taiwan untuk pertama kalinya di bawah Biden

Kapal perusak kelas Arleigh Burke USS John S. McCain melakukan misi di Selat Taiwan

(foto c7f.navy.mil)

TAIPEI - Sebuah kapal perusak berpeluru kendali Angkatan Laut AS menerobos Selat Taiwan pada Kamis (4 Februari), menandai lintasan pertama kapal angkatan laut Amerika melalui selat itu sejak Presiden Joe Biden menjabat bulan lalu.

Kementerian Pertahanan Nasional (MND) mengonfirmasi perjalanan kapal perusak kelas Arleigh Burke, USS John S. McCain (DDG 56), melalui Selat Taiwan. Juru Bicara Armada ke-7 AS Letnan Joe Keiley juga membenarkan bahwa pihaknya telah melakukan "transit rutin Selat Taiwan" hari itu.

Keiley menggambarkan misi tersebut terjadi "sesuai dengan hukum internasional." Dia menekankan bagian kapal "menunjukkan komitmen AS untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka."

Pelaut Frank Medina mengamati cakrawala dari sayap jembatan. (foto c7f.navy.mil)

Juru bicara Armada ke-7 menegaskan bahwa menurut hukum internasional, Selat Taiwan adalah jalur perairan terbuka. "Militer Amerika Serikat akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun yang diizinkan oleh hukum internasional," tulisnya.



The Stars and Stripes menunjukkan bahwa ini adalah transit pertama melalui Selat Taiwan yang dilakukan oleh Angkatan Laut AS pada tahun 2021 dan yang pertama di bawah pemerintahan Biden. Lintasan terakhir kapal perang Amerika melalui selat itu terjadi pada 31 Desember tahun lalu, transit ke-13 tahun itu, memecahkan rekor sebelumnya sebanyak 12 kali yang dibuat pada tahun 2016.

MND menyatakan bahwa kapal perang AS telah berlayar melalui selat tersebut untuk melakukan misi. Militer Taiwan menggunakan intelijen gabungan, pengawasan dan pengintaian (JISR) untuk memantau pergerakan di laut dan udara di sekitar Taiwan selama operasi berlangsung dan menggambarkan situasinya sebagai normal.

Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.