Luhut Gandeng Pihak Asing untuk Urus Toilet di Destinasi Wisata


Toilet di destinasi wisata menjadi sorotan utama pemerintah dalam meningkatkan sektor pariwisata di tengah pandemi. Tak tanggung-tanggung, demi mendapatkan toilet yang layak di sebuah destinasi, pemerintah menggandeng pihak asing.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah menyiapkan bekerja sama dengan pihak asing untuk memperbaiki kualitas toilet di spot pariwisata superprioritas Danau Toba.

Kini, di kawasan itu terdapat 25 toilet baru yang dibangun dari dana CSR berbagai perusahaan. Toilet itu nantinya dikelola oleh Mister Loo, sebuah organisasi internasional.

“Kita kontrakkan ini dengan namanya Mister Loo. Mister Loo ini punya organisasi internasional yang ngurus WC,” ujar Luhut Binsar Pandjaitan sebagaimana yang dikutip dari video yang diunggah di akun Instagramnya.

Menurut Luhut, kualitas toilet sangat penting di kawasan pariwisata. Selama ini persoalan yang sering terjadi di kawasan pariwisata adalah kurangnya air di toilet.

“WC itu penting, karena di tempat spot turis kalau WC nggak ada air, nggak ada gunanya. Kita bikin sumur di sana, ditarik ke atas. Itu sudah berjalan,” tutur purnawirawan TNI-AD itu.

Salah satu toilet yang diperbaiki, sebut Luhut, di Dolok Sipiak. Tempat itu pernah dikunjungi raja dan ratu Belanda tahun lalu. Kala itu toiletnya masih buruk.

“Ini di Dolok Sipiak, dulu Raja Belanda meninjau dan saya dampingi. Sekarang udah ada toilet di sana. Airnya ada dan dikelola secara profesional,” tandasnya.


Sumber :JawaPos.com

No comments

Powered by Blogger.