Moderna akan memasok Taiwan dengan 5 juta dosis vaksin virus corona

Perusahaan farmasi AS akan mulai mengirimkan vaksin ke Taiwan pada pertengahan 2021

Produsen obat AS Moderna akan memasok Taiwan dengan 5 juta dosis vaksin virus corona. (Foto AP)

TAIPEI - Farmasi AS Moderna mengumumkan Selasa (9 Februari) bahwa mereka telah mencapai kesepakatan pasokan 5 juta dosis vaksin virus korona dengan pemerintah Taiwan.

Dalam keterangannya, Moderna mengatakan akan memulai proses pengiriman pada pertengahan 2021. Ia menambahkan bahwa itu juga akan memasok Kolombia dengan 10 juta dosis sekitar waktu yang sama.

Meskipun vaksinnya belum disetujui untuk digunakan baik di Taiwan atau Kolombia, perusahaan mengatakan akan terus mengejar persetujuan yang diperlukan dari regulator sebelum didistribusikan.

Menurut hasil uji coba yang dirilis Moderna tahun lalu, vaksinnya 94,5 persen efektif, mirip dengan Pfizer. Bulan lalu, perusahaan juga mengatakan bahwa vaksinnya tampaknya melindungi dari varian virus korona yang muncul di Inggris dan Afrika Selatan.

Pusat Komando Epidemi Pusat (CECC) Taiwan mengonfirmasi awal pekan ini bahwa Taiwan juga akan menerima 200.000 dosis vaksin AstraZeneca melalui platform COVAX Organisasi Kesehatan Dunia. Tanggal pengiriman belum ditentukan.



Berbicara pada konferensi pers pada hari Rabu, kepala CECC Chen Shih-chung (陳 時 中) mengkonfirmasi bahwa negara tersebut telah mendapatkan 5,05 juta dosis vaksin virus corona dari Moderna. Dia memperkirakan vaksinasi akan dimulai pada kuartal kedua.

Chen juga menunjukkan bahwa botol vaksin Moderna dapat disimpan pada suhu -20 C selama enam bulan dan antara 2 hingga 6 C selama 30 hari sebelum digunakan pertama kali. Dia mengatakan CECC akan memberikannya kepada anggota masyarakat berdasarkan kelompok prioritas yang ditetapkan oleh Pusat Pengendalian Penyakit Taiwan.


Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.