MotoGP Thailand 2021 Diisukan Batal, Peluang GP Indonesia untuk Masuk?

Sirkuit Mandalika. (Foto: Laman resmi MotoGP)

BANGKOK – Kabar mengejutkan datang dari media di Bangkok, yang menyebutkan bahwa seri Thailand tidak akan ada di MotoGP 2021. MotoGP Thailand 2021 ditiadakan dan akan kembali digelar 2022 mendatang.

Menurut laporan dari Bangkok Post yang didapatkan oleh GPOne, Rabu (3/2/2021), sudah dapat dipastikan Sirkuit Buriram tidak akan menggelar balapan di MotoGP 2021 nanti. Namun, sampai saat ini nyatanya belum ada kabar resmi dari pihak Dorna Sports selaku promotor resmi MotoGP.

Menurut media-media di Negeri Gajah Putih tersebut, alasan ditundanya balapan MotoGP Thailand 2021 itu karena pandemi virus corona yang masih mengkhawatirkan. Jadi, kontrak kerja sama antara pihak Sirkuit Buriram dan Dorna Sport pun dikabarkan dimundurkan.

Sirkuit Buriram

Jadi, kontrak baru berdurasi lima tahun yang beberapa waktu lalu baru saja disepakati tak jadi berlaku dari 2021 sampai 2025. Nantinya kontrak lima tahun itu akan terhitung sedari 2022 sampai 2026.

Andai kata itu benar-benar terjadi, maka GP Thailand akan menjadi seri pertama yang mundur dari gelaran MotoGP 2021. Hal itu jelas akan sedikit mempengaruhi kalender MotoGP 2021 yang sudah dibuat sebelumnya.

Sebab dari 19 balapan yang sudah diatur, GP Thailand masuk seri-seri terakhir dari gelaran MotoGP 2021. Thailand pun masuk ke dalam balapan Zona Asia yang biasanya berdekatan dengan balapan di GP Malaysia, Jepang, dan Australia.

Tentu kabar itu bisa menjadi sebuah info yang buruk bagi para pembalap yang merasa bisa tampil maksimal di Sirkuit Buriram. Kehilangan GP Thailand bisa membuat rider-rider tersebut merugi.

Akan tetapi, pembatalan MotoGP Thailand 2020 bisa menjadi keuntungan bagi Indonesia. Sebab bisa jadi GP Indonesia bakal masuk ke dalam kalender MotoGP 2021 nantinya.

Seperti yang diketahui, sampai saat ini Sirkuit Mandalika masih dalam tahap pembangunan. Gara-gara hal tersebut, GP Indonesia pun masuk ke dalam daftar tunggu di MotoGP 2021.

Andai kata pengerjaan Sirkuit Mandalika bisa selesai sebelum Oktober 2021 atau bulan di mana GP Thailand harusnya berlangsung, maka bisa jadi GP Indonesia bakal segera menggelar balapan pertamanya. Kini, semuanya tinggal menunggu kepastian dari pihak Dorna Sports.



Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.