Perusahaan Jack Ma & Regulator China Sepakat soal Restrukturisasi




Ant Group Co, perusahaan Jack Ma, telah mendapatkan persetujuan restrukturisasi dari regulator China. Raksasa fintech itu akan diubah menjadi perusahaan induk keuangan.
Melansir Reuters Rabu (3/2/2021), yang mengutip dari Bloomberg, rencana restrukturisasi itu menempatkan semua bisnis Ant Group ke dalam perusahaan induk keuangan, termasuk penawaran teknologinya di berbagai bidang seperti blockchain dan pengiriman makanan.

Dengan adanya restrukturisasi ini membuat perusahaan setara dengan bank yang akan tunduk pada persyaratan modal. Pengumuman restrukturisasi ini akan dilakukan sebelum dimulainya liburan Tahun Baru Imlek China pada 11 Februari mendatang.


Kesepakatan tentang restrukturisasi dari perusahaan afiliasi Alibaba Group ini akan meredakan kekhawatiran investor tentang tindakan keras yang dilakukan regulator China kepada bisnis Jack Ma.Jack Ma sendiri dalam keadaan tertekan sejak pidatonya pada 24 Oktober yang lalu. Saat itu dia mengecam sistem peraturan China. Hal itu berakibat pada penangguhan penawaran umum perdana atau IPO Ant senilai US$ 37 miliar di Hong Kong dan Shanghai.

Regulator sejak itu meluncurkan penyelidikan anti-trust ke sektor teknologi yang membuat Alibaba kewalahan. Regulator juga mendorong Ant untuk mengubah struktur bisnisnya agar bisa berada di bawah pengawasan peraturan yang lebih ketat.

Jack Ma kemudian menghilang dari publik selama sekitar tiga bulan. Muncul banyak spekulasi tentang keberadaannya saat itu. Dia muncul kembali bulan lalu dalam video berdurasi 50 detik.

Terlepas dari kesepakatan dengan regulator tentang pembenahan Ant, yang bisnisnya meliputi pemrosesan pembayaran, pinjaman konsumen, dan distribusi produk asuransi, penyelidikan anti-trust ke Alibaba akan terus mengaburkan prospek kerajaan bisnis Jack Ma.
Sumber :detik.com

No comments

Powered by Blogger.