Puluhan Warga Tanpa Masker di Ciracas dan Cipayung Disanksi Menyapu Jalan




       Giat tertib masker (Tibmask) yang dilaksanakan personel gabungan Satpol PP, TNI, Kepolisian, serta sejumlah ormas dan tokoh masyarakat di wilayah Ciracas, Jakarta Timur, berhasil menindak 44 pelanggar.



Kasatpol PP Kecamatan Ciracas, Endharwanto mengatakan, 44 pelanggar ini terjaring di empat lokasi berbeda, yakni di Jalan PKP Kelapadua Wetan, Jalan Raya Cibubur, Jalan Raya Ciracas dan Jalan H. Baping Kelurahan Susukan.

Seluruh pelanggar, jelas dia, dikenai sanksi sosial menyapu jalan sambil mengenakan rompi oranye bertuliskan pelanggar PSBB.

"Mereka kita berikan sanksi untuk memberikan efek jera, agar selama pandemi tetap mematuhi protokol kesehatan," ucap Endhar, Kamis (4/2/2021).

Selain memberikan sanksi, sambung Endhar, pihaknya juga mengedukasi masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Kegiatan pengawasan PSBB ini akan terus dilakukan dengan lokasi berpindah-pindah, selama masa pandemi ini masih berlangsung," tandasnya seperti dikutip BeritaJakarta.id.

Sementara itu, sebanyak 10 pelanggar tertib masker di Pasar Lokbin Munjul, Cipayung, Jakarta Timur, juga disanksi menyapu sampah di sekitar area pasar.

Lurah Munjul, Sumarjono mengatakan, sebanyak 15 personel Satpol PP bersama anggota TNI, Polri dan FKDM, melakukan razia penggunaan masker dengan menyusuri seluruh area pasar. Pedagang atau pengunjung yang tak mengenakan masker langsung ditindak dan didata identitasnya.

"Mereka adalah pengunjung pasar yang tak mengenakan masker dan semua dikenai sanksi kerja sosial," kata Sumarjono.

Pengawasan Prokes Rutin
Menurut Sumarjono, pihaknya rutin melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan di lokasi yang disinyalir kerap terjadi pelanggaran oleh warga.

"Kami juga rutin sosialisasikan pentingnya protokol kesehatan, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19," tandasnya.


Sumber :

No comments

Powered by Blogger.