Terbang Terlalu Rendah, Pesawat Jet Militer Hantam Aliran Listrik




     Dua pesawat militer Prancis yang terbang sangat rendah hingga dekat dengan tanah menghantam saluran listrik dan memutus aliran listrik ke sebuah desa di selatan Prancis.




Insiden itu terjadi pada Rabu (17/2) sore di desa kecil Le Castellet, dekat Manosque.
Laporan menyebutkan kedua pesawat Rafale telah lepas landas dari pangkalan udara terdekat dalam penerbangan pelatihan ketinggian rendah.

Investigasi pun sedang dilakukan menyusul "insiden langka" itu.

"Pesawat itu sangat rendah sehingga membuat keributan, saya kemudian melihat ke atas dan melihat pesawat kedua," terang Walikota desa tersebut kepada outlet berita lokal France Bleu .

"Pesawat itu sangat rendah sehingga saya berkata pada diri saya sendiri: itu bisa menabrak kabel listrik," kata Benoît Gouin, yang mengemudi saat itu.

Dia pun melihat kabel listrik terpisah-pisah yang tergantung di tanah.

"Salah satu pesawat menabrak garis dan memutusnya. Saya segera menelepon layanan darurat dan tim Enedis [perusahaan listrik],” ujarnya.

Surat kabar La Provence melaporkan kabel yang jatuh menyebabkan kebakaran, namun dapat dikendalikan dengan cepat.

Akibatnya, desa tersebut tidak mendapat aliran listrik selama beberapa jam, sementara akses jalan ke sana juga dilarang karena alasan keamanan.

"Tidak ada korban. Insiden dalam penerbangan ini memaksa pilot pesawat mendarat dengan selamat pada 14:11 [13:11 GMT]" di pangkalan udara Orange,” ungkap juru bicara angkatan udara Prancis mengatakan kepada surat kabar La Provence.

Mereka sangat menyesalkan kejadian yang sangat langka ini.

Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.