Terdampak Lockdown di Malaysia, 221 TKI asal Batubara Dipulangkan


Pemerintah Kabupaten Batubara menjemput ratusan warganya yang terlantar akibat kebijakan lockdown di Malaysia. Satu di antaranya sempat histeris karena menahan sakit kanker payudara dan dijemput petugas berpakaian APD lengkap. Pantauan iNews, ada sekitar 221 TKI dari malaysia yang tiba di Pelabuhan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Kamis (11/2/2021) dini hari. Begitu sampai, mereka langsung diperiksa dokumen dan kesehatan.

Bupati Batubara Zahir mengatakan, ratusan TKI ini merupakan warganya. Namun ada juga enam TKI titipan yang dalam kondisi sakit. Setelah pemeriksaan, mereka akan diantar dengan bus yang telah disediakan untuk berangkat menuju Gedung Karantina Covid-19 di Kuala Gunung, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Batubara. 

"Mereka ini masyarakat Batubara yang terdampak akibat pandemi Covid di Malaysia. Kami kembalikan, kami jemput. Sebenarnya prosesnya sudah lama, namun baru bisa saat ini," ujar Bupati, Kamis (11/2/2021).

Menurutnya dalam pemulangan TKI ini, Pemkab Batubara memfasilitasi transportasi secara gratis. Para TKI juga akan menjalani isolasi selama lima hari ke depan sebelum pulangkan ke rumah masing-masing.

"Sebagai kepala daerah, saya bertanggung jawab untuk warga kita ini," katanya.

Sementara untuk enam TKI yang sakit dipisahkan. Mereka dibawa dengan ambulans untuk menjalani perawatan di RSUD Batubara.


Sumber :iNewsSumut.id

No comments

Powered by Blogger.