Tips dan Trik Mencuci Pakaian dengan Benar seperti di Laundry

Ilustrasi mencuci pakaian dengan benar. (Foto: Senivpetro/Freepik)

SERINGKALI banyak orang lebih memilih menggunakan jasa laundry dibanding mencuci pakaian sendiri di rumah. Mereka telah memercayakan jasa cuci pakaian untuk membersihkan dan merapikan kembali baju atau celananya.

Sebenarnya telah banyak tips yang beredar mengenai mencuci dan melembutkan pakaian seperti di jasa laundry. Tetapi, tidak jarang muncul trik yang tidak berhasil.

Seperti dilansir The Spruce, berikut tips dan trik mencuci pakaian yang benar tanpa merusaknya. Dijamin membuat pakaian terlihat lebih rapi dan tahan lama.

1. Gunakan cuka

Cuka putih suling penting saat mencuci agar cucian terlihat bersih dan cerah setiap kali keluar dari mesin cuci. Ini bisa menyingkirkan kotoran, menghilangkan bau, menghapus tanda atau cacat, serta menyegarkan mesin cuci yang bau.

Pakaian. (Foto: Pvproductions/Freepik)

2. Pasangkan kaus kaki dengan tas cucian jaring

Ini merupakan tips yang bagus untuk kaus kaki bayi dan barang kecil lainnya. Masukkan tas jaring ke dalam mesin cuci lalu langsung ke pengering. Ini mencegah terjadinya kaus kaki hilang.

3. Gunakan soda kue

Soda kue dapat meningkatkan kinerja produk cucian dan bahkan menggantikan beberapa. Ini dapat melembutkan kain, mencerahkan pakaian, dan membersihkan bekas setrika yang lengket tanpa meninggalkan goresan.

4. Tips mengeringkan pakaian dengan cepat

Sebelum Anda memasukkan cucian ke dalam pengering, tambahkan beberapa handuk mandi kering. Ini akan membantu menyerap sebagian kelembapan dan mempercepat proses pengeringan. Bisa juga jika Anda mencuci satu pakaian dengan tangan, taruh di dapur pemintal salad dan putar beberapa kali untuk membantunya lebih cepat kering. Ini akan menghilangkan lebih banyak kelembapan tanpa memeras dan memutar berlebihan yang dapat merusak kain dan meninggalkan banyak kerutan.

5. Gunakan es untuk menghilangkan kerutan

Lupa melepas pakaian dari pengering pasti akan menyebabkan kerutan. Cukup lepaskan semua pakaian lainnya dan masukkan segenggam es batu ke dalam pengering bersama dengan kemeja yang kusut. Biarkan setidaknya 10 menit. Setelah selesai, segera lepaskan kemeja dan gantung. Rapikan kerah, manset, dan jahitan dengan tangan Anda.

6. Gunakan kondisioner untuk membalikkan sweater yang menciut

Wol dan pengering tidak bisa bercampur, sehingga menyebabkan sweater menjadi lebih kecil atau menciut. Tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu mencampur larutan air dingin dengan kondisioner rambut, lalu rendam sweater yang sudah menyusut. Biarkan terendam setidaknya selama 30 menit. Kondisioner rambut membantu mengendurkan serat wol, sehingga Anda bisa menarik sweater kembali ke bentuk aslinya dengan lembut.



Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.