Tips Diet Kurangi Karbo Seperti yang Dijalani Melly Goeslaw

Ilustrasi. Melly Goeslaw menjalani diet sejak empat bulan silam dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan meningkatkan asupan protein. (iStockphoto/Taa22)

Penyanyi Melly Goeslaw berhasil diet menurunkan berat badan hingga ukuran bajunya berubah dari XXL (extra extra large) ke M (medium).

Vokalis band Potret itu mengungkapkan bahwa dia telah menjalani diet sejak empat bulan silam dengan berkonsultasi ke dokter.

"Ngurangin karbohidrat sama ninggiin protein," kata Melly terkait diet yang dijalani saat dihubungi CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Kamis (4/2) malam.

Selain itu, Melly juga mengatakan bahwa ia melakukan sejumlah latihan fisik sederhana.

"Aku latihan fisik cuma jalan santai 30 menit, dan enggak tiap hari," ungkapnya.

Diet yang dijalani Melly ini terbilang mirip dengan jenis diet karbo yakni dengan membatasi asupan karbohidrat, khususnya makanan yang berasal dari gula dan tepung seperti pasta, mi, atau roti.

Diet karbo lebih mengutamakan mengonsumsi makanan tinggi protein, lemak, dan sayuran sehat. Menjalankan diet karbo sama dengan membatasi atau menghilangkan asupan karbohidrat sama sekali.

Sebagaimana dilansir Healthline, penelitian menunjukkan bahwa mengurangi asupan karbohidrat dapat membantu menurunkan berat badan dan memberikan manfaat baik untuk kesehatan.

Karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh. Menjalankan diet karbohidrat bisa diartikan dengan memangkas asupan karbohidrat sebanyak mungkin yang biasa dikonsumsi sehari-hari, misalnya mengurangi nasi atau tidak makan nasi sama sekali.

Sebagai gantinya, pegiat diet karbo hanya makan makanan tinggi lemak, protein, dan berserat tinggi.

Jadi tak perlu khawatir kelaparan karena tak makan nasi, karena Anda bisa tetap kenyang dengan makan daging, telur, dan aneka sayuran hijau.

Diet karbo sering disamakan dengan diet keto. Lantaran sama-sama membatasi asupan karbohidrat kurang dari 30 gram per hari. Namun, diet karbo biasanya lebih ketat dari diet keto.

Cara Diet Karbo

Asupan karbohidrat bersih yang direkomendasikan saat menjalankan diet karbo sekitar 20-50 gram per hari. Namun tidak ada rentang khusus atau standar tetap yang ajeg.

Mudahnya, pegiat diet karbo harus menghindari semua makanan yang mengandung tinggi karbohidrat.

Secara umum, makanan yang dihindari saat diet karbo adalah yang mengandung gula atau pemanis, nasi, mi instan, roti putih dan gandum, sereal, makanan yang digoreng (deep fried), serta beberapa jenis sayuran berpati seperti kacang merah, jagung, dan kentang.

Kemudian hindari makanan olahan seperti nugget, sosis, bakso siap saji.

Sementara, minuman dan makanan yang boleh dimakan saat diet karbo adalah daging merah, daging ayam atau unggas, ikan, aneka seafood, telur, keju, mentega, air putih, kopi, dan teh.

Namun, bagi yang tidak terlalu ketat diet karbo dapat pula mengonsumsi kacang, biji atau sayur yang tidak mengandung tepung. Buah-buahan yang mengandung lemak dan berserat tinggi seperti alpukat dan kelapa juga masih dapat dikonsumsi.

Diet karbo berfokus pada pembatasan makronutrien tertentu, tidak ada rekomendasi untuk asupan kalori harian atau ukuran porsi yang wajib dikonsumsi.

Anjuran Makanan untuk Diet Karbo

1. Makanan yang boleh dikonsumsi

Diet karbo membatasi makanan yang tinggi karbohidrat dan sangat bergantung pada makanan rendah karbo. Berikut makanan yang boleh dikonsumsi pegiat diet karbo:

- Produk hewani rendah karbohidrat: ayam, sapi, kalkun, domba, telur, mentega, keju.
- Boga bahari (seafood): salmon, nila, udang, sarden, kepiting
- Kacang dan biji-bijian: almond, kenari, biji labu, biji bunga matahari, kacang mete
- Sayuran tidak mengandung tepung atau pati: brokoli, paprika, kembang kol, lobak, kubis brussel, asparagus, jamur, sayuran hijau
- Buah tinggi lemak dan rendah karbohidrat: alpukat, kelapa, stroberi, bluberi, melon, semangka, persik, aprikot, anggur, lemon, jeruk
- Minuman tanpa kalori: air serta kopi hitam dan teh tanpa gula

2. Makanan yang tidak boleh dikonsumsi

Diet karbo sangat ketat dalam menyeleksi makanan yang dapat dikonsumsi. Berikut jenis makanan yang tidak boleh dimakan untuk pegiat diet karbo:

- Biji-bijian: nasi putih, nasi merah, gandum, roti, pasta
- Kacang dan polong: kacang hitam, kacang merah, buncis, lentil
- Buah-buahan: apel, pisang, pir, kurma, mangga, nanas
- Sayuran bertepung: kacang polong, jagung, labu, kentang
- Susu: susu dan yogurt
- Minuman tinggi kalori: bir, anggur, alkohol, soda, dan segala jenis minuman dengan campuran gula


Sumber : cnnindonesia.com

No comments

Powered by Blogger.