Transfusi Darah Dapat Mengobati Anemia, Kok Bisa?


Transfusi darah adalah kegiatan yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan nyawa. Sebab, ada beberapa kondisi yang membuat seseorang mungkin membutuhkan darah dari orang lain. Nah, itu yang menjadi alasan mengapa transfusi darah bisa sangat bermanfaat. Ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa diselamatkan dengan transfusi darah, salah satunya anemia. 

Anemia adalah penyakit yang terjadi karena rendahnya kadar sel darah merah di dalam tubuh. Hal itu kemudian memicu munculnya beragama gejala, mulai dari mudah lelah, gampang pusing, hingga kesulitan bernapas. Sebab, sel darah merah memiliki peran yang cukup penting dalam proses pengiriman oksigen dari jantung ke seluruh bagian tubuh. 


Transfusi Darah dan Anemia 
Anemia merupakan penyakit yang terjadi karena rendahnya kadar sel merah di dalam tubuh. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya, salah satunya karena kekurangan zat besi. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kondisi ini terjadi, termasuk penyakit gagal ginjal kronis, penyakit radang usus, hingga gagal jantung kronis. 

Saat tubuh kekurangan zat besi, maka produksi hemoglobin pun akan ikut menurun. Padahal, hemoglobin penting bagi tubuh untuk membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Cara mengobati anemia bisa berbeda-beda, tergantung pada kondisi yang mendasarinya. Pada pengidap anemia yang terjadi karena kanker usus besar, maka pengobatan yang bisa dilakukan berfokus pada kanker terlebih dahulu. 

Jenis anemia lain juga mungkin bisa berbeda. Transfusi darah ternyata bisa menjadi salah satu cara mengobati anemia. Namun, tidak semua kondisi anemia bisa ditangani dengan cara menerima transfusi darah. Maka dari itu, penting untuk selalu melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan kondisi tubuh dan jenis pengobatan yang harus dilakukan.

Sumber : Halodoc

No comments

Powered by Blogger.