Tren Vending Machine di Singapura: Jual Daging Wagyu, Salmon hingga Kaktus




     Pusat perbelanjaan di lingkungan Kovan Singapura sepertinya bukan tempat yang tepat untuk berbelanja salmon atau daging sapi Wagyu.




Akan tetapi pada wilayah ini tersedia mesin penjual otomatis atau vending machine modern yang berada di sebelah penata rambut dan klinik

Bukan hanya daging sapi wagyu dan salmon kualitas tinggi, mesin ini juga menawarkan roti, puff kari, pizza yang baru dimasak, jus jeruk yang baru diperas bahkan kepiting cabai yang dimasak, dengan kisaran harga 60 dolar atau sekitar 660 ribu rupiah. Salah satu mesin bahkan menyediakan barang unik yang mungkin jarang terlintas di benak para pelanggan; pohon kaktus.

Meskipun banyak penawaran makanan, minuman dan makanan ringan masih mendominasi, namun ragamnya semakin banyak.

Satu perusahaan telah mendirikan sebuah kafe yang menyajikan hidangan lokal hangat dari mesin. Ada juga rantai kecil toko serba ada yang tidak memiliki staf, yang menjual segala sesuatu mulai dari plester hingga kacang panggang dari mesin.

Firma riset pasar Euromonitor mengatakan pendapatan mesin penjual otomatis di Singapura tumbuh sekitar 15% dari 91 juta dolar atau sekitar 990 miliar rupiah pada 2014 menjadi 104,5 juta dolar atau sekitar 1,1 triliun rupiah pada 2019.

Pada tahun lalu yaitu tahun 2020 yang diperkirakan akan menjadi tahun yang buruk karena pandemi, tetapi pertumbuhan diperkirakan akan berlanjut tahun ini.

Sumber :Liputan6

No comments

Powered by Blogger.