10 Destinasi Wisata di Berlin, Jerman yang Indah nan Bersejarah!

Benua Eropa terkenal dengan negara-negaranya yang indah dan penuh dengan bangunan klasik nan megah. Tak terkecuali dengan Jerman, negara yang terletak di Eropa Barat ini merupakan salah satu negara yang populer di kalangan wisatawan. 

Berlin, ibu kota negara tempat lahirnya klub sepak bola Bayern München ini memiliki segudang destinasi wisata yang indah dan dijamin akan membuatmu terpesona saat mengunjunginya. Yuk, simak ulasannya!

1. Bradenburg Gate

10 Destinasi Wisata di Berlin, Jerman yang Indah nan Bersejarah!
booking.com

Bukan sekadar gerbang, Bradenburg Gate ialah ikon kota Berlin yang dulunya ialah tembok yang membagi dua wilayah Jerman saat perang dingin. Setelah tembok runtuh, gerbang ini pun resmi dibuka pada tahun 1989 dan merupakan lambang bersatunya Jerman. 

Gerbang raksasa ini memiliki tinggi 26 meter dengan panjang 65,5 meter, lho! Bradenburg Gate juga menjadi salah satu lokasi favorit warga Jerman untuk merayakan malam tahun baru karena lokasi ini akan diramaikan dengan penampilan live music dan kembang api. Meriah banget, deh!

2. Reichstag

10 Destinasi Wisata di Berlin, Jerman yang Indah nan Bersejarah!
medium.com

Bangunan super megah ini ternyata adalah gedung parlemen di Jerman. Ciri khas Reichstag ialah kubah kaca berkilauan yang terdapat pada bagian atas bangunan.

Berada di dalam kubah pun membuatmu dapat melihat keindahan kota Berlin dari atas. Terdapat pula audio panduan yang akan memberi penjelasan mengenai bangunan Reichstag dan parlemen di Jerman. Sambil jalan-jalan sekalian tambah ilmu, deh!

3. Museum Island

10 Destinasi Wisata di Berlin, Jerman yang Indah nan Bersejarah!
smb.museum

Penggemar sejarah wajib banget mampir ke Museum Island yang ada di Berlin. Sesuai namanya, tempat ini ialah pulau yang dipenuhi dengan museum, lho! Terletak di antara sungai Spree dan Kupfergraben, pulau ini mendapat gelar situs warisan dunia dari UNESCO, lho!

Museum tertua di Berlin, Altes Museum yang juga dikenal dengan Old Museum ini dibangun pada tahun 1830 di Museum Island untuk menyimpan harta kerajaan pada zaman dahulu.

Terdapat pula museum Pergamon, salah satu museum terpopuler di Berlin, yang memamerkan karya seni Islam serta replika bangunan-bangunan bersejarah di Timur Tengah. Masih banyak pula museum keren lainnya yang dapat kamu kunjungi, lho!

4. Berlin Wall Memorial

10 Destinasi Wisata di Berlin, Jerman yang Indah nan Bersejarah!
withberlinlove.com

Jika dilihat sekilas, tembok ini nampak seperti tembok biasa, 'kan? Namun, tembok dengan tulisan graffiti di atasnya ini ternyata menyimpan kisah sejarah. 

Berlin Wall Memorial dibangun pada tahun 1961 oleh Jerman Timur agar warganya tak melarikan diri ke Jerman Barat.

Dulunya, tembok ini memiliki tinggi 4 meter dan membentang sepanjang 155 kilometer. Sejak dirobohkan pada tahun 1989, kini hanya tersisa sebagian kecil dari Berlin Wall Memorial sepanjang 1,4 kilometer yang telah dilestarikan.

 

5. Checkpoint Charlie

10 Destinasi Wisata di Berlin, Jerman yang Indah nan Bersejarah!
pixabay.com

Memiliki nama yang unik, Checkpoint Charlie ialah titik persimpangan perbatasan Jerman Barat dan Jerman Timur saat perang dingin dahulu. Terletak di sudut jalan Friedrichstraße dan Zimmerstraße, lokasi ini kerap menjadi latar novel dengan tema thriller dan mata-mata, lho! Contohnya ialah James Bond di Octopussy dan The Spy Who Came In From The Cold.

6. Holocaust Memorial

10 Destinasi Wisata di Berlin, Jerman yang Indah nan Bersejarah!
viator.com

Holocaust Memorial merupakan lapangan seluas 19.000 m² yang diatasnya terdapat 2.711 lempengan beton dengan ketinggian yang beragam. Monumen yang diresmikan pada tahun 2005 ini dibangun untuk memperingati kematian orang Yahudi Eropa kala perang dahulu.

Monumen ini pun juga dikenal dengan nama Memorial to the Murdered Jews of Europe alias peringatan untuk orang Yahudi Eropa yang terbunuh.

Berbedanya ketinggian beton di Holocaust Memorial disebabkan oleh tempat dibangunnya monumen ini yang terletak di atas lereng yang landai. Tidak ratanya tempat berpijak dan bentuk monumen ini yang nampak seperti labirin membuat banyak pengunjung merasa bingung dan pusing.

7. Potsdamer Platz

10 Destinasi Wisata di Berlin, Jerman yang Indah nan Bersejarah!
viator.com

Potsdamer Platz ialah alun-alun sekaligus persimpangan jalan di Berlin yang sarat akan nilai sejarah. Pada tahun 1920-an, persimpangan jalan ini menjadi jantung kota karena di sinilah lampu lalu lintas pertama kali beroperasi di Eropa. Restoran, tempat hiburan, dan beragam toko pun mengelilingi Postdamer Platz.

Namun, tempat ini sempat hancur saat perang dunia II dan menjadi garis pemisah Berlin Barat dan Berlin Timur kala itu. Pada tahun 1980-an pun Postdamer Platz dibangun kembali dan kini menjadi pusat kota Berlin yang ramai dan super lengkap, lho! Mall, kantor, bioskop, pertokoan, ruang publik, hingga kasino terdapat di tempat ini.

 

8. Berlin's Television Tower

10 Destinasi Wisata di Berlin, Jerman yang Indah nan Bersejarah!
tourscanner.com

Sesuai namanya, menara yang menjulang tinggi ini merupakan menara televisi di Berlin. Dibangun pada tahun 1960, menara setinggi 200 meter ini memiliki keunikan pada bentuk bola yang terdapat di bagian atas, lho! Bukan sembarang bola, bentuk bola ini dibuat agar masyarakat mengingat satelit Sputnik yang dibuat oleh Uni Soviet kala itu.

Kini, Berlin's Television Tower juga menjadi ikon kota Berlin dan dari sini kamu juga dapat menikmati pemandangan menakjubkan Berlin dari atas. Asyik banget, deh!

 

9. Tiergarten

10 Destinasi Wisata di Berlin, Jerman yang Indah nan Bersejarah!
exploringrworld.com

Ingin bersantai ria atau berolahraga di taman yang luas di Berlin? Tiergarten adalah solusinya! Namun, siapa sangka jika taman indah ini dulunya adalah lokasi pemburuan oleh para raja di abad ke-16? Taman ini pun sempat hancur saat perang dunia II.

Kini, Tiergarten telah menjadi ruang publik dan ikon kota Berlin yang indah. Air mancur, danau buatan, pepohonan yang rindang, serta suasana asri

10. Alexanderplatz

10 Destinasi Wisata di Berlin, Jerman yang Indah nan Bersejarah!
theculturetrip.com

Hampir sama dengan Potsdamer Platz, Alexanderplatz juga merupakan salah satu titik tersibuk di Berlin. Tempat ini kerap disingkat dengan sebutan Alex oleh warga sekitar. 

Dulunya pada tahun 1850-an, tempat ini ialah lokasi latihan para prajurit militer dan tempat jual beli petani lokal. Kini, Alexanderplatz telah menjadi pusat kota Berlin lengkap dengan mall, bioskop, hotel, dan dikelilingi jalanan Berlin yang super padat.


Sumber :idn times

No comments

Powered by Blogger.