10 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Buat Bisnis Rumahan


Pandemi COVID-19 membuat hobi merawat tanaman hias semakin populer. Rumah pun makin cantik dengan berbagai tanaman hias yang dikoleksi.

Nah, Bunda yang memiliki sejumlah tanaman hias yang cukup banyak, tidak ada salahnya untuk mulai membuka ladang bisnis dengan menjual aneka koleksi yang dimiliki. Mengingat penjualan berbagai jenis tanaman hias saat ini mengalami peningkatan karena banyaknya minat masyarakat untuk berkebun sambil mengisi waktu luang di rumah.

Hasil dari penjualan tanaman hias lumayan cukup untuk menutupi pengeluaran Bunda dan keluarga. Nah, kalau Bunda ingin memulai bisnis di rumah, berikut ini rekomendasi jenis tanaman hiasnya, dikutip dari sumber buku Sukses Memulai Bisnis Tanaman Hias.


1. Adenium

Permintaan tanaman hias adenium masih ada, terlebih setiap ada varian baru yang lebih indah bunganya. Keberadaan bonggol pada adenium menjadi daya tarik sendiri untuk diburu para pencintanya.

Segmentasinya pun bervariasi, Bunda. Mulai dari penjual biji, bibit, tanaman hias medium dan remaja, hingga kualitas kontes.

2. Aglaonema

Harga aglaonema terbilang tidak melulu murah. Bila Bunda ingin mengembangkan bisnis tanaman hias ini, maka tetapkanlah harga yang murah, misal dengan menjual aglaonema pride of Sumatra, donna carmen, atau adelia. Selain itu, Bunda dapat memulai dari nursery skala kecil.

3. Anthurium

Persediaan bibit tanaman hias ini mudah ditemukan di berbagai daerah, mulai dari skala kecil sampai besar. Tak heran bila pasar anthurium berkembang sangat cepat.

Margin yang diperoleh pun besar lho, bisa mencapai 30 – 100%, bahkan lebih. Bunda yang ingin sukes berbisnis tanaman hias ini harus jeli mengendus pasar, terutama pemilihan jenis dan timing yang tepat untuk memulai bisnis.

4. Bromelia

Keindahan bunga bromelia menjadikan tanaman hias ini memiliki banyak peminat, sehingga berpotensial untuk dikembangkan. Dengan warna daun yang mencolok dan menghasilkan banyak varian baru, membuat bromelia cocok dijadikan tanaman hias lanskap dan pot plant.

5. Caladium dan Alokasia

Kehadiran varian caladium hybrid memiliki warna yang cerah, seperti merah, hijau, putih, dan kuning. Keindahannya pun bukan hanya terpancar dari bentuk daunnya saja, tetapi juga dari corak tulang daunnya yang menonjol dan kaya variasi.

Dengan kelebihan itu, Bunda tak perlu heran bila caladium berpeluang menjadi primadona. Sejalan dengan tren caladium, popularitas alokasia juga terdongkrak naik. Warna dan corak daun yang dihasilkan bervariasi, mulai dari polos, perak, sampai garis-garis.

6. Euphorbia

Kemunculan euphorbia dengan varian baru hasil persilangan antar-jenis membuat tanaman hias ini semakin memiliki banyak penggemar. Mulai dari  varian yang baru hingga varian yang lama pun tetap diburu karena keindahan warna dan coraknya.

Perbanyakan euphorbia melalui setek juga mudah dilakukan. Jadi, Bunda tak perlu heran bila jumlah bibitnya sangat banyak.



7. Pachypodium

Tanaman hias ini sering dikenal dengan sebutan Madagaskar Palm karena tanaman pachypodium khususnya lamerei yang berasal dari Madagaskar memiliki bentuk yang menyerupai pohon palem setelah tumbuh dewasa dan duri-duri tajam di sekujur tubuhnya.

Jika Bunda memiliki pachypodium yang unik dan langka, keuntungan yang diperoleh bisa berlipat-lipat lho, Bunda. Selain itu, Bunda yang baru memulai bisnis menjual tanaman hias cantik ini dalam jumlah banyak bisa mengikuti pameran/bursa untuk memperkenalkan sekaligus menggaet para kolektor baru.

8. Philodendron

Philodendron adalah salah satu jenis tanaman hias yang sedang popular sebagai elemen pembentuk taman rumah. Peluang pasarnya yang semakin terbuka membuat pebisnis dapat memilih jenis dan segmen usahanya.

Mulai dari varian pendatang baru yang memiliki karisma warna yang lebih memikat dan menjadi incaran konsumen, seperti black cardinal, orange, red princes, red congo, dan red emerald hingga varian jenis lawas, seperti cabel busi, jari, marble, atau gergaji juga tak kalah diburu oleh kolektor tanaman hias.

9. Puring

Tanaman yang memiliki nama latin Codiaeum variegatum bi ini banyak dipilih untuk mempercantik taman atau sudut ruangan. Meskipun tanaman hias ini tak memiliki bunga, daya tariknya ada pada corak batik yang beragam.

Daun yang cantik dan berwarna-warni juga tak dapat ditolak oleh pecinta tanaman hias untuk memilikinya.

10. Sansevieria

Di Indonesia, tanaman hias sansevieria popular dengan nama lidah mertua karena bentuknya yang tajam, unik, daun yang keras, tegak, sukulen, dan ujungnya runcing.

Tanaman hias ini kerap menjadi incaran pencinta tanaman hias karena istimewa dibandingkan yang lainnya, yaitu bisa menyerap bahan yang beracun, seperti karbondioksida, formaldehida, benzena, sekaligus berfungsi sebagai penyaring udara kotor karena menghasilkan oksigen.

Sansevieria diprediksi akan terus booming dan menjadi incaran oleh kolektor tanaman hias karena keunikannya tersebut. Oleh karena itu, tanaman hias ini sangat layak dan wajib menjadi list yang bisa Bunda pertimbangkan untuk dijual.


Sumber :HaiBunda.com

No comments

Powered by Blogger.