5 Bahan Alami yang Jangan Dipakai Langsung di Wajah



Selama masa PSBB dan karantina mandiri di rumah, banyak dari kita menghabiskan waktu di rumah bereksperimen dengan berbagai tips kecantikan yang bisa dibuat dari bahan alami sendiri di rumah.

Mulai dari spa rambut, masker hingga scrub bisa memakai bahan alami. Namun saat melakukan perawatan rumahan dengan menggunakan bahan-bahan alami di rumah, kita harus memperhatikan beberapa bahan alami yang sebetulnya tidak boleh dipakai langsung di wajah.

Mengutip Timesofindia,  ini dia lima bahan alami yang tidak boleh dipakai langsung di wajah.

pasta gigi

1. Pasta gigi

Salah satu trik kecantikan paling awam, ialah mengoleskan pasta gigi pada jerawat. Meskipun dapat mengecilkan ukuran jerawat, ternyata trik ini sekaligus dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan ruam loh!

2. Baking soda

Seperti halnya air perasan lemon, soda kue juga tidak boleh dioles langsung ke kulit. Sebab bisa mengiritasi kulit, terutama pada kulit tipe sensitif. Selain itu karena bersifat basa, bubuk soda kue disebutkan dapat menyebabkan banyak efek samping.

3. Garam dan gula pasir

Butiran kecil gula dan garam memiliki tepi yang tajam, yang bisa bikin kulit lecet. Nah, jika Anda memiliki tipe kulit sensitif, sebaiknya hindari menggunakan bahan-bahan ini dalam perawatan kecantikan DIY di rumah.

4. Cuka

Entah itu cuka putih atau apple vinegar alias cuka apel. Memakai cuka secara maksimal justru bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Dipaparkan langsung ke kulit wajah, cuka bisa membuat kulit wajah iritasi dan terbakar yang dapat menyebabkan terjadinya pigmentasi.

5. Lemon

Lemon adalah buah yang bersifat asam, mengandung asam alami dan asam ini disebutkan bisa membakar kulit. Menggunakan lemon sebagai bahan alami kecantikan, lemon tersebut bisa dicairkan dulu dalam kemasan dan cukup gunakan dalam jumlah sedikit. Sebelum diaplikasikan ke wajah, lakukan tes patch terlebih dahulu.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.