5 Bahan Pengganti Gula, Yuk Beralih Sebelum Diabetes


DIABETES memang disebut ibu dari segala penyakit. Bukan tanpa sebab, diabetes memang membuat orang kerap mengalami komplikasi penyakit yang berbahaya.

Nah, salah satu penyebab diabetes adalah karena tingginya konsumsi gula. Gula memang menjadi kelemahan makanan terbesar, dan menjadi tantangan. Bahkan, dalam budaya diet kontemporer hampir semuanya mengandung tambahan gula.

Meskipun, saat ini berbagai alternatif gula alami tersedia untuk membantu mengurangi jumlah gula meja yang ada dalam makanan Anda. Nah, melansir femina.in, berikut beberapa alternatif gula ini akan membantu Anda tetap sehat tanpa membuat makanan hambar.

Madu

Memiliki tingkat fruktosa yang tinggi (53 persen), dan mengandung vitamin, mineral, antioksidan, enzim jejak dan asam amino. Selain menawarkan manfaat penurunan berat badan, madu juga meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang baik.

Disebutkan, 100 gram madu mengandung 304 kalori, dan 75 gram (19 sendok teh) sama dengan 100 gram (26 sendok teh) gula putih atau merah.

Gula

Sirup maple

Sirup maple murni terdiri dari dua per tiga sukrosa dan sepertiga fruktosa. Dengan indeks glikemik (GI) berada di 54 m, mengonsumsi ini tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Sekira 100 gram sirup maple murni terdiri dari 260 kalori sedangkan kristal gula maple dalam jumlah yang sama memiliki 354 kalori. Sirup maple gelap sangat cocok untuk digunakan dalam makanan penutup panggang dan lainnya, sedangkan yang terang baik untuk digunakan langsung seperti pada salad buah, teh, dan pada sereal.

Gula Kurma

Kaya akan vitamin, serat, folat, zat besi, kalsium, dan kalium, gula kurma memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan dengan kebanyakan pemanis lainnya. Memiliki kandungan fruktosa yang tinggi, kurma menjadi alternatif yang lebih baik untuk gula biasa, karena teksturnya yang menggumpal.

Sekira 100 gram gula kurma terdiri dari 271 kalori, oleh karena itu karena skala GI yang relatif rendah, kurma tidak meningkatkan gula darah Anda dibandingkan gula rafinasi.

Gula Aren Kelapa

Gula alami ini dibuat dari pohon kelapa dan memiliki dua pertiga sukrosa dengan kandungan fruktosa 40-50 persen dan glukosa 5-10 persen. Gula aren mengandung sedikit mineral seperti seng, kalsium dan kalium, vitamin C, klorida, belerang, polifenol dan antioksidan.

Selain itu, gula aren mengandung serat yang disebut inulin, yang cenderung mengurangi penyerapan glukosa. Sekira 100 gram gula kelapa terdiri dari 354 kalori, yang menjadikannya bahan pilihan untuk digunakan dalam makanan penutup, dan kari tradisional Asia.

Gula tebu mentah

Produk ini memiliki mineral penting, terutama zat besi dan vitamin. Berdasarkan varietas tebu, gula pengganti ini dapat berkisar dari coklat tua hingga coklat keemasan dan tingkat kemanisannya bervariasi.



 Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.