5 Bahan Pengganti Telur untuk Memasak Kue


Hampir selalu ada telur dalam setiap masakan, khususnya pada kue. Anda bisa sesekali menggantinya dengan beberapa bahan pengganti telur berikut.

Telur hampir menjadi bahan utama banyak masakan. Utamanya saat Anda membuat kue.

Namun, bagi beberapa orang, telur mungkin bukan jadi pilihan yang tepat. Beberapa orang memilih menjalani pola hidup vegan, beberapa orang lain memiliki alergi terhadap telur.

1. Puree buah

Anda bisa menggunakan puree buah untuk memasak kue. Kue yang dipanggang dengan bahan puree buah akan sangat lembap dan padat.

Namun, puree buah akan memberikan sentuhan rasa manis buah pada kue. Jika Anda mencari buah dengan rasa yang lebih netral, pilih-lah apel, alpukat, labu, atau pisang.

Puree buah paling cocok digunakan untuk pembuatan kue, roti, muffin, dan brownies.

2. Biji chia atau biji rami

Anda bisa menggunakan beberapa biji kaya omega-3 ini sebagai pengganti telur.

Giling biji rami atau biji chia dengan menggunakan food processor. Campurkan biji yang telah digiling dengan air secukupnya hingga membentuk pasta yang kental.


3. Tahu sutraChia dan rami masing-masing akan memberikan tekstur yang padat atau berat pada makanan yang dipanggang. Anda bisa menggunakan chia dan rami sebagai pengganti telur untuk memasak wafel, pancake, muffin, roti, dan kue kering.

Tahu sutra adalah jenis tahu dengan kandungan air yang lebih tinggi. Hal ini membuatnya terasa lebih ringan dan lembut dibandingkan tahu lain. Tahu sutra juga hadir dengan rasa yang netral.

Meski demikian, tahu sutra bisa memberikan tekstur yang lebih padat pada makanan yang dipanggang. Anda bisa menggunakan tahu sutra untuk memasak brownies, roti, dan kue kering.

4. Baking soda dan cuka

Baking soda dan cuka menjadi opsi yang bisa digunakan dalam membuat dessert yang bertekstur lembut seperti kue mangkuk.

Cukup aduk 1 sdt baking soda dengan 1 sdm cuka untuk setiap kebutuhan telur dalam resep.

5. Aquafaba atau air rebusan kacang

Aquafaba merupakan air yang muncul saat kacang direbus. Aquafaba memiliki tekstur yang mirip dengan putih telur.

Gunakan 3 sdm aquafaba untuk mengganti setiap kebutuhan telur dalam resep membuat meringue atau makaroni.



Sumber : cnnindonesia.com

No comments

Powered by Blogger.