5 Destinasi Wisata Aneh, Ada Kota Hantu dan Pulau Kucing



Berwisata ke pantai atau bukit-bukit yang menjulang sudah biasa. Sekali-kali, cobalah berwisata ke tempat-tempat aneh berikut ini. Mulai dari kota hantu hingga museum bawah laut, semuanya menyimpan misteri yang membuat penasaran. Selain bisa menghilangkan kejenuhan, berwisata ke tempat-tempat yang tak biasa ini juga memacu adrenalin.

Melansir Reader's Digest, ini adalah 5 tempat wisata aneh yang ada di dunia.

1. Pasar malam bawah tanah
Di Rumania, ada tempat wisata yang lain dari biasanya. Di sini Anda bisa naik bianglala raksasa yang terletak di bawah tanah. Tepatnya, sekitar 100 meter di bawah tanah, di bekas tambang garam di Salina, Rumania. Layaknya pasar malam yang meriah, di sana juga ada panggung terbuka, arena bowling, lapangan ping pong, dan miniatur lapangan golf. Gua tambang garam itu sendiri adalah peninggalan Perang Dunia II. Selepas tak digunakan sebagai tambang, sempat digunakan sebagai gudang penyimpanan keju. Kemudian di tahun 1990-an, dirombak menjadi tempat hiburan rakyat.

2. Museum rambut
Membayangkannya saja sudah membuat kita mengernyitkan kening. Seperti apa bentuknya?
Pada tahun 1979, pembuat pot keramik di Turki, Galip Körükcü, mulai mengoleksi potongan rambut wanita yang mengunjungi galeri seninya. Potongan-potongan rambut itu kemudian ia letakkan di museum yang berada tepat di bawah studionya, di Cappadocia. Hingga kini, Avanos Hair Museum tersebut sudah terisi sekitar 16.000 rambut wanita yang datang dari seluruh dunia. Museum itu sendiri berbentuk seperti gua. Dengan guntingan-guntingan rambut diletakkan berderet-deret di dindingnya.  Rambut itu layaknya buku biografi singkat. Dilengkapi foto si empunya rambut, plus nama juga alamat. Yang menarik, dua kali dalam setahun Galip akan memilih 10 rambut secara acak untuk diberi hadiah. Pemilik rambut akan mendapatkan undangan gratis kembali ke Cappadocia, sebagai tanda terima kasih karena telah berpatisipasi mengisi ruang-ruang museum.

3. Museum bawah laut
Museum ini terletak di dasar laut Karibia, tepatnya di dekat Cancun, Meksiko. Selain untuk tujuan wisata, museum ini juga dibangun untuk menyelamatkan terumbu karang yang rusak. Di dalam Cancun Under Water Museum, pengunjung akan menemukan 500 patung manusia dengan ukuran yang presisi seperti ukuran manusia sebenarnya. Untuk menikmati patung-patung menarik ini, pengunjung bisa memilih menggunakan perahu, diving atau snorkeling.

4. Kota hantu
Kolmanskop atau kota hantu, adalah kota yang ada di atas lahan bekas tambang berlian terbesar di Namibia. Dulunya kota ini ramai, dipenuhi orang-orang yang ingin mengejar harta secara instan.Tak lama setelah berlian habis, kota ini pun sepi. Ditinggalkan oleh para penghuninya di sekitar tahun 1928. Julukan kota hantu langsung tersemat di kota ini. Hingga akhirnya di tahun 2002, sebuah perusahaan swasta bernama Ghost Town Tour mengangkat kota ini sebagai destinasi wisata. Semenjak saat itu, Kolmanskop didatangi derap kaki kembali. Sebanyak 35 ribu wisatawan menepi di kota ini setiap tahunnya. Mereka menikmati rumah-rumah yang kosong dan pengap, yang ruang demi ruangnya sudah terlahap badai pasir dari tahun ke tahun.

5. Pulau kucing
Destinasi wisata terakhir ini tak seram, meskipun masih tetap berbau aneh. Cat island atau pulau kucing ini berada di Jepang tepatnya di pulau Aoshima. Di pulau ini, populasi kucing meledak melebihi populasi manusianya. Awalnya dulu, kucing-kucing didaratkan di pulau ini dengan tujuan untuk membasmi tikus. Waktu berlalu, kucing-kucing yang dipelihara dan diberi makan oleh penduduk senior di pulau ini akhirnya beranak pinak menjadi ratusan hingga tak terkendali. Jika Anda pecinta kucing sejati, sepertinya tak akan menyesal terbang ke pulau ini. 


Sumber :Kompas.com




No comments

Powered by Blogger.