5 Risiko Masalah Mental yang Terjadi Akibat Hubungan Beracun

5 Risiko Masalah Mental yang Terjadi Akibat Hubungan Beracun 

Memulihkan diri dari hubungan yang dilecehkan secara emosional tidaklah mudah.

Meski berada dalam hubungan beracun, namun kebersamaan yang dijalin tetap lah penuh kenangan. Jadi wajar jika persepsimu tentang cinta dan hubungan berubah menjadi tidak positif.

Saat mengingat kembali kejadian atau kata-kata yang menyakitkan, kamu dipaksa untuk menyadari bagaimana hubungan beracun telah mengubahmu sepenuhnya.

Dikutip dari Times of India, berikut adalah beberapa cara pelecehan emosional yang pada akhirnya mengubah pola pikirmu secara drastis.

Ilustrasi patah hati (shutterstock)

1. Ide tentang hubungan yang sehat berubah
Setelah menanggung semua ejekan dan hinaan yang tidak sehat, bisa dimaklumi jika persepsi tentang cinta berubah. Cinta seharusnya membuatmu merasa aman dan menyenangkan, tidak takut dan putus asa. Bekas luka pelecehan emosional dalam hubungan meninggalkan dampak mendalam di dalam diri yang mungkin sulit untuk disembuhkan, terutama ketika kamu kehilangan pandangan tentang cinta sebenarnya.

2. Miliki masalah kepercayaan diri
Berada dalam hubungan dengan seseorang yang manipulatif dapat menyebabkan masalah kepercayaan yang serius bagimu. Dan seiring berjalannya waktu, jika kamu terus bersama orang itu, perlahan-lahan, kamu akan menjauhkan diri dari semua orang yang benar-benar penting. Hal itu dapat menyebabkanmu rentan secara mental. Karenanya, kamu perlahan mulai kehilangan kepercayaan pada orang lain dan yang terpenting meragukan kemampuanmu sendiri.

3. Miliki masalah harga diri yang ekstrim
Jika kamu terus mendengar hal-hal negatif tentang dirimu dari orang yang kamu cintai, maka hubungan itu tidak baik. Selain itu, hal tersebut hanya akan menyebabkanmu mempertanyakan citra atau kemampuan sendiri. Pasangan mungkin memanipulasimu untuk tetap bersamanya, bahkan jika dia melanjutkan perilaku beracunnya. Mungkin sulit untuk mendapatkan kembali kepercayaan diri karena harga diri telah sangat terluka.

 

4. Merindukan mantan
Ketika hubungan masa lalu membuatmu terkuras secara emosional, mungkin sulit untuk beralih dari orang itu. Kamu akan terus mengingat kenangan bersama mantan dan memikirkan semua momen bahagia yang kamu alami bersama. Emosi kehilangan dan memikirkan mereka ini jujur, tidak sehat dan berpotensi menghentikanmu untuk bergerak maju dalam hidup.

5. Menemukan kebahagiaan dalam hidup dan merasa hubungan mungkin terasa sulit
Begitu kamu meninggalkan hubungan di mana dirimu dilecehkan secara emosional, menemukan kebahagiaan lagi bisa menjadi beban. Kadang-kadang, kamu bahkan merasa tergoda untuk kembali ke mantan yang beracun itu, tetapi menghentikan diri sendiri adalah langkah berani yang harus kamu ambil.

Percaya atau tidak, kebahagiaan menantimu, segera setelah kamu menerima masa lalu dan beralih dari kenangan itu. Orang yang tepat akan ada di sana untuk mencintai dan mendukungmu dan membuatmu merasa berharga lagi.

 

Sumber : suara

No comments

Powered by Blogger.