6 Destinasi Wisata Terbaik di Dunia untuk Melakukan Diving

Diving merupakan sebuah kegiatan kegiatan menyelam dengan menahan nafas selama beberapa waktu di bawah permukaan air. Untuk melakukan kegiatan ini, biasanya diperlukan alat bantu khusus, yaitu tabung oksigen. Terdapat beberapa manfaat dengan melakukan kegiatan ini, mulai dari melenturkan otot hingga melatih otot paru-paru.

Di dunia ini, ternyata terdapat banyak destinasi menarik untuk melakukan kegiatan diving. Beberapa diantaranya bahkan dikenal sebagai surga bawah laut.

Berikut enam destinasi wisata di dunia yang cocok untuk melakukan diving.

1. Blue Corner (Palau)

6 Destinasi Wisata Terbaik di Dunia untuk Melakukan Diving
/blog.nationalgeographic.org

Di kawasan mikronesia, terdapat lautan yang sangat indah untuk menyelam, yaitu Blue Corner. Blue Corner merupakan surga bagi para penyelam yang terkenal dengan pemandangannya yang indah dan keanekaragaman makhluk hidup di dalamnya. Berbagai jenis ikan, hewan laut, dan tumbuhan laut dapat kamu temukan di kawasan yang berada di negara Palau ini.

Di Blue Corner, kamu juga akan mempunyai kesempatan bertemu dengan ikan-ikan hiu yang biasanya berada di kedalaman tertentu. Biaya untuk mengunjungi tempat ini rata-rata sekitar Rp5 juta per hari. 

2. Pulau Sipadan (Malaysia)

6 Destinasi Wisata Terbaik di Dunia untuk Melakukan Diving
remotelands.com

Malaysia ternyata juga mempunyai beberapa spot diving yang menarik. Salah satunya ialah Pulau Sipadan yang pernah diperebutkan antara Indonesia dan Malaysia. Di perairan Pulau Sipadan, kamu dapat merasakan menyelam di kedalaman 800 meter. 

Atraksi gerombolan barakuda merupakan hal yang paling dicari oleh para wisatawan yang mengunjungi Pulau Sipadan. Selain dapat melihat gerombolan barakuda, kamu juga dapat melihat sekumpulan kura-kura, buffalo fish, hingga kepiting kelapa. 

3. Raja Ampat (Indonesia)

6 Destinasi Wisata Terbaik di Dunia untuk Melakukan Diving
girlsthatscuba.com

Pastinya kurang lengkap jika tidak memasukkan Raja Ampat sebagai destinasi diving terbaik. Daerah yang terletak di bagian timur Indonesia ini merupakan kawasan yang sangat indah untuk menyelam. Terdapat taman koral yang sangat langka yang dapat kamu lihat di Raja Ampat.

Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan pemandangan menakjubkan ikan hiu, ikan pari manta, barakuda, hingga travellies. Kawasan ini sendiri mempunyai 374 spesies ikan yang beranekaragam yang mampu menambah daya tarik bagi para wisatawan.

4. Yongala (Australia)

6 Destinasi Wisata Terbaik di Dunia untuk Melakukan Diving
scubadiverlife.com

Yongala merupakan sebuah perairan yang ada di Australia. Kamu dapat menikmati pemandangan indah laut ini dengan kedalaman 109 meter. Meskipun Yongala termasuk kawasan yang dilindungi, kamu masih dapat mengunjunginya.

Akses menuju tempat ini pun juga tergolong cukup mudah dari beberapa kota besar di Australia seperti Sydney dan Canberra. Kamu dapat menikmati pemandangan ikan pari manta, ikan hiu macan, ikan hiu banteng, hingga kura-kura di Yongala.

Untuk mendapatkan akses ke sana, kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp8 juta untuk 3 hari dan 2 malam. 

5. Hawaii (Amerika Serikat)

6 Destinasi Wisata Terbaik di Dunia untuk Melakukan Diving
divein.com

Selain mempunyai pantai dan pemandangan alam yang indah, ternyata Hawaii juga memiliki pemandangan bawah laut yang luar biasa. Lautan di sana dipenuhi dengan terumbu karang dan berbagai margasatwa.

Kamu akan menemukan banyak sekali anjing laut, kura-kura, hingga ikan pari manta di perairan Hawaii. Kawasan ini juga merupakan rumah bagi ikan-ikan hiu. Pastinya kamu harus menggunakan perlengkapan yang aman ketika akan menyelam di perairan Hawaii.

6. Tulamben Liberty Wreck (Bali, Indonesia)

6 Destinasi Wisata Terbaik di Dunia untuk Melakukan Diving
indopacificimages.com

Satu lagi destinasi diving terbaik di Indonesia adalah Tulamben Liberty Wreck. Tulamben Liberty Wreck terletak di kabupaten Karangasem, Bali. Kawasan ini merupakan destinasi untuk diving yang paling cocok untuk para pemula.

Berada di bawah kedalaman 9,3 meter dan mempunyai air yang tenang menjadi daya tarik sendiri bagi para penggemar diving. Pemandangan lautnya yang indah membuat tempat ini sering digunakan para fotografer untuk mengambil gambar. 

Nah, itu dia enam destinasi terbaik di dunia untuk kegiatan diving. Memang, diving sendiri merupakan kegiatan yang sangat seru dan menantang. Namun, kamu lebih baik untuk menahan niatmu untuk pergi ke salah satu destinasi tersebut karena kita semua masih berada di situasi pandemi COVID-19. 

Sumber :IDN Times

No comments

Powered by Blogger.