7 Aturan Praktis Pola Makan Lebih Sehat

Ilustrasi. Untuk menjalani pola makan lebih sehat, terdapat 7 aturan praktis yang bisa Anda terapkan sehari-hari. (FoodiesFeed)
 

Makan sehat adalah salah satu hal termudah untuk dilakukan dengan sedikit usaha, tapi itu juga bisa jadi tersulit untuk dijalani dalam jangka panjang.

Untuk itu, Anda bisa memulai perbaikan kecil untuk makan sedikit lebih baik.

Berikut 7 aturan singkat dan praktis yang dapat membuat Anda makan lebih sehat, sebagaimana dilansir Wonderwall SG.

1. Perhatikan apa yang Anda makan, saat Anda makan

Mempraktikkan pola makan dengan penuh kesadaran membantu kita fokus pada apa yang sebenarnya kita makan dan berapa jumlahnya, sehingga cenderung tidak makan berlebihan.

2. Singkirkan makanan olahan

Anda mungkin pernah mendengar ini sebelumnya - semakin sedikit diproses semakin baik. Tukar makanan siap saji yang diproses dan siap makan dengan buah-buahan segar, sayuran, dan biji-bijian.

Makanan olahan penuh dengan kalori kosong, tetapi makanan utuh memberikan nutrisi penting seperti protein, serat, lemak sehat, vitamin, dan mineral yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Tukar superfood dengan kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang dan biji-bijian mengemas segalanya mulai dari protein dan lemak sehat hingga vitamin, antioksidan, dan mineral, jadi jangan meremehkan penambah tenaga nutrisi ini hanya karena ukurannya.

Biji chia, biji wijen, biji rami dan biji labu juga kaya akan mineral seperti kalsium, seng dan magnesium.

4. Pastikan Anda benar-benar makan cukup sepanjang hari

Kita biasanya terlalu fokus pada diet dan puasa intermiten dan tidak makan, sehingga pada awalnya mungkin tidak cukup makan.
Aspek terpenting dari makan sehat adalah makan setiap tiga hingga empat jam agar Anda tidak kekurangan gula darah dan membuat pilihan makanan yang buruk hanya karena Anda kelaparan.

5. Tambahkan lebih banyak serat dan probiotik ke dalam makanan Anda

Serat dan probiotik sangat penting untuk kesehatan usus.

Selain itu, makanan probiotik yang difermentasi seperti kefir, kimchi dan yoghurt membantu meningkatkan bakteri usus yang sehat yang bertanggung jawab untuk pencernaan, mengekstraksi nutrisi berharga dari makanan dan membangun sistem kekebalan.

6. Tidak apa-apa memakan junkfood sesekali

Jika Anda menginginkan sesuatu yang sedikit tidak sehat, tidak apa-apa untuk melakukannya sesekali.

Terkadang, tidak ada yang terasa lebih buruk daripada mencoba mengganti apa yang sebenarnya Anda idamkan dengan "versi yang lebih sehat". Pastikan Anda tidak terlalu sering melakukannya.

7. Kurangi soda dan minuman manis

Soda dan minuman manis penuh dengan kalori kosong yang menyebabkan kadar gula darah melonjak dan kemudian turun kembali secara instan, membuat Anda merasa lelah dan tidak puas.

Tukar minuman sarat gula dengan air putih saja - ini sangat baik untuk Anda dan tidak memiliki kalori.


Sumber : cnnindonesia.com

No comments

Powered by Blogger.