8 Fakta Unik Negara Tajir, Tak Punya Bandara, Penduduknya Bebas Party

Vaduz Castle. (Foto: Golookexplore)


DI tengah kawasan Eropa terdapat negara kecil bernama Liechtenstein. Wilayahnya tergolong sangat kecil, hanya seluas 160 kilometer persegi atau delapan kali lebih kecil dari Los Angeles.

Jumlah penduduknya adalah 37.000 jiwa. Negara ini tepatnya berlokasi di tepi timur Sungai Rhein di antara Austria dan Swiss.

Negara ini dibagi menjadi sebelas kotamadya, dan ibu kotanya adalah Vaduz. Sektor keuangan di Vaduz sangatlah baik. Dalam dekade sebelumnya, ibu kota ini dikenal sebagai surga pajak miliarder. Sementara itu, kota terbesar di negara ini adalah Schaan, dan termasuk di antara dua negara terkurung di Eropa. Di sana hanya dihuni oleh 6.000 orang.

Terlepas dari luasnya, Liechtenstein memiliki PDB per kapita USD 165.028 atau sekira Rp2,3 Miliar, tertinggi kedua di dunia setelah Monako. Kehebatan lain dari negara kecil ini adalah Liechtenstein hampir tidak memiliki hutang nasional. Diperkirakan, sepertiga populasi negara tersebut adalah jutawan.

Liechtenstein memiliki sektor jasa keuangan yang makmur, dengan industri besar lainnya termasuk elektronik, manufaktur logam, produk gigi, instrumen optik, dan farmasi.

Berikut fakta-fakta unik Liechtenstein yang Okezone dapatkan dari beberapa sumber:

1. Negara penghasil gigi palsu

Negara


Ada sebuah perusahaan di kota metropolis Schaan bernama Ivoclar Vivadent. Ini adalah perusahaan yang memproduksi gigi palsu dalam jumlah banyak. Perusahaan tersebut menyumbang lebih dari 20% dari penjualan gigi palsu dunia. Menurut laporan terbaru, perusahaan memproduksi hingga 60 juta set setiap tahun. Mereka memiliki hubungan yang kuat dengan dokter gigi dari Bollywood.

2. Tidak memiliki tentara

Liechtenstein tidak memiliki tentara sejak 1868, tetapi terkadang tidak sengaja diinvasi oleh tentara Swiss yang melakukan latihan di hutan dekat perbatasan dengan negara kecil ini.

3. Pernah disewakan secara menyeluruh

Negara

Sekira 2011, Anda bisa menyewa seluruh negeri seharga tujuh puluh ribu dolar semalam atau sekitar Rp1 miliar. Skema ini dibuat oleh firma pemasaran yang berbasis di Liechtenstein dan Airbnb, dan Anda bisa mendapatkan akomodasi untuk 150 tamu.

Dengan uang itu, Anda dapat memiliki kunci simbolis ke negara bagian dan rambu-rambu jalan yang disesuaikan, dan mencicipi anggur dengan Pangeran di negara itu. Namun, tampaknya tidak ada yang mengambil kesepakatan itu, dan rapper Snoop Dogg ditolak mentah-mentah ketika dia mencobanya pada 2010.

4. Salah satu negara teraman

Menurut data terbaru, Liechtenstein adalah salah satu negara teraman di Eropa dan memiliki tingkat kejahatan paling rendah. Pembunuhan terakhir terjadi dua dekade lalu, dan sejak itu, tidak ada pembunuhan. Beberapa narapidana di penjara dan yang dijatuhi hukuman lebih dari dua tahun dipindahkan ke Austria. Banyak orang tidak mengunci pintu rumahnya di Liechtenstein.

5. Lebih banyak perusahaan dibanding penduduk

Satu fakta lucu tentang Liechtenstein adalah lebih banyak perusahaan yang terdaftar di negara tersebut daripada total populasi negara. Negara ini adalah surga pajak, dan banyak perusahaan lebih suka terdaftar di Liechtenstein daripada bagian dunia lainnya.

6. Tidak punya bandara

Bandara terdekat dari Liechtenstein adalah berlokasi di Zurich, sekitar satu setengah jam perjalanan dari ibu kota Liechtenstein.

7. Penduduk boleh berpesta di kerajaan

Selama hari libur nasional Liechtenstein, Pangeran Liechtenstein mengundang semua warga ke kastilnya di mana mereka dapat merayakannya sebuah pesta. Mereka bisa menikmati bir di taman Kastil Vaduz, yang merupakan tanah leluhur Pangeran.

8. Hanya punya satu danau alami

Meskipun Liechtenstein diberkati dengan panorama unik, pegunungan, dan pemandangan indah, hanya ada satu danau alami di sana, yakni Gampriner Seele. Letaknya lima belas menit dari ibu kota Vaduz, dan memiliki luas permukaan sekitar 1,53 hektar.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.