Air Terjun Madakaripura, Percikan Hujan Abadi dan Pertapakan Gajah Mada

https: img.okezone.com content 2021 03 11 408 2376109 air-terjun-madakaripura-percikan-hujan-abadi-dan-pertapakan-gajah-mada-SN3rBxOP6j.jpg 

AIR Terjun Madakaripura terletak di Dusun Branggah, Negororejo, Probolinggo, Jawa Timur. Percikan airnya dijuluki hujan abadi. Lokasi ini juga dikisahkan adalah tempat peristirahatan Gajah Mada, panglima perang Kerajaan Majapahit.

Dikutip dari tayangan Seputar iNews, objek wisata satu ini memiliki pemandangan yang memesona. Airnya jernih, kemudian tebing-tebing yang tinggi semakin menambah keistimewaan kawasan ini.

Air Terjun Madakaripura memiliki ketinggian 200 meter, dan dinobatkan sebagai air terjun teringgi di Indonesia setelah Air Terjun Si Gura-gura di Toba Samosir, Sumatera Utara.

Uniknya lagi, air terjun ini juga memiliki sejuta misteri dengan aura mistisnya yang melekat. Madakaripura juga masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dan keindahan air terjun ini benar-benar istimewa.

Air terjun ini berbentuk ceruk, dikelilingi bukit-bukit, dan di setiap dinding tebingnya dialiri air yang berasal dari atas.

Setiap tetesannya akan membasahi tubuh para wisatawan, seolah-olah sedang terjadi hujan. Percikan-percikan air inilah yang disebut hujan abadi.

Air Terjun Madakaripura nyatanya tidak terlepas dari legenda. Konon, tempat ini sebagai peristirahatan terakhir atau pertapaan pati Gajah Mada pada masa Kerajaan Majapahit.

Pada zaman dahulu kala, Majapahit memberikan Madakaripura sebagai hadiah atas kerja kerasnya membela kerajaan.

Selain itu, ia juga sekaligus menghargai tekad dan kerja keras Gajah Mada dalam mempersatukan Nusantara dengan Sumah Palapa.

Hal itu diabadikan dengan adanya sebuah patung Gajah Mada yang diletakkan di sekitar air terjun.

Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.