Bisnis Mocktail Kaki Lima Ala Bartender, Sebulan Bisa Balik Modal



Bisnis minuman memang nggak ada matinya. Salah satu yang lagi menjamur adalah mocktail. Jika biasanya minuman warna-warni racikan bartender itu adanya di restoran-restoran mewah, kini mulai merambah di gerai kaki lima.

Jay, salah seorang bartender yang dulu mengabdikan diri di restoran, mulai menjajal bisnis mocktail di pinggir jalan. Usahanya dimulai di awal 2017 di kawasan Universitas Pamulang.

"Tercetus untuk membuat bisnis minuman ini karena kan memang kita punya basic dan background bartender serta kerja di restoran juga," kata Owner Tea & Mocktail itu saat berbincang dengan detikcom baru-baru ini.

Mocktail ini sederhananya adalah minuman dari campuran sirup dengan minuman bersoda, tanpa alkohol. Sedangkan yang mengandung alkohol adalah cocktail. Selain mocktail, dia juga menjual teh, salah satu variannya adalah Thai Tea.

Sejak awal memulai usahanya, dia mendapat respons yang bagus. Saat itu, kata dia belum banyak yang menjual mocktail di pinggir jalan ala kaki lima.

"Seiring berjalannya waktu, akhirnya kita sudah mempersiapkan prepare-an bilamana kita mau buka usaha ini untuk memperluas lah istilahnya, membuka peluang-peluang usaha untuk orang yang ingin buka usaha dengan budget yang gak terlalu mahal," paparnya.

Akhirnya pada 2019 dia membuka kemitraan buat orang-orang yang mau menjual mocktail. Dia yang menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan untuk calon mitra dengan membayar Rp 5 juta.

Kini dia sudah memiliki 60an mitra yang tersebar di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Kata Jay, para mitra bisa balik modal hanya dalam 1 bulan asal giat berjualan.

Perhitungan keuntungannya, biaya per cup Rp 5 ribu, dijual Rp 10 ribu. Normalnya penjualan per hari adalah 50 cup yang artinya pendapatan kotor per hari Rp 500 ribu, dikali 30 hari adalah Rp 15 juta.

Pendapatan kotor itu lalu dikurangi biaya per cup selama sebulan Rp 7,5 juta, sewa lokasi Rp 1 juta, karyawan Rp 1,5 juta maka didapatkan keuntungan bersih Rp 5 juta per bulan. Dengan kata lain bisa balik modal dalam sebulan.

Bagi yang tertarik menjajal bisnis tersebut, bisa mengunjungi akun Instagram @teamocktail.id.


Sumber :Detikfinance




No comments

Powered by Blogger.