Buah-buahan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia


Jangan sepelekan rasa pusing yang disertai kelelahan terus-menerus. Kondisi ini bisa menandakan penyakit anemia pada tubuh. Saat kamu mengalami kondisi anemia, artinya tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Tidak hanya itu, anemia juga bisa menandakan sel darah merah tidak berfungsi dengan baik dalam tubuh. Berbagai penyebab dapat meningkatkan risiko anemia, tetapi yang paling umum adalah kurangnya nutrisi untuk penambah darah.

Berbagai nutrisi sangat dibutuhkan dalam membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Bukan hanya zat besi, nyatanya asam folat, vitamin B12, tembaga, dan vitamin A juga memengaruhi produksi sel darah merah dalam tubuh. Untuk itu, penuhi nutrisi tersebut dari berbagai makanan yang memiliki kandungan nutrisi baik. Tidak hanya itu, kamu juga bisa temukan nutrisi yang dibutuhkan dari beberapa jenis buah yang dapat mencegah anemia.

1.Buah Delima
Delima menjadi salah satu buah yang bermanfaat untuk mencegah anemia. Hal ini disebabkan buah delima memiliki kandungan zat besi, vitamin A, C, dan E. Tidak hanya itu, meskipun jarang dikonsumsi sebagai buah sehari-hari, delima memiliki zat asam karbonat yang mampu meningkatkan zat besi dalam tubuh. 

Selain dapat mencegah anemia, buah yang memiliki rasa manis dan asam ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit sendi. Jadi, tidak ada salahnya mencoba buah delima agar kesehatan tubuh terjaga dengan baik.

2.Pisang
Pisang menjadi salah satu buah yang banyak disukai oleh masyarakat. Selain buahnya yang mudah didapatkan, pisang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pisang menjadi buah yang dikenal memiliki kandungan karbohidrat, kalium, dan magnesium yang sangat tinggi. 

Namun, tahukah kamu bahwa pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi? Kandungan zat besi dalam pisang dinilai mampu mencegah penyakit anemia. Selain itu, pisang juga mengandung banyak vitamin yang memengaruhi produksi darah dalam tubuh.

3.Apel
Tentunya sudah banyak yang mendengar bahwa rutin mengonsumsi apel membuat kesehatan tetap terjaga dengan baik. Mengonsumsi apel dengan kulitnya juga dinilai mampu menghindari kamu dari penyakit anemia. Hal ini disebabkan apel mengandung zat besi di dalamnya. 

Selain zat besi, apel memiliki kandungan antioksidan, flavonoid, hingga serat yang cukup tinggi untuk tubuh. Dengan begitu, kamu dapat merasakan manfaat lain, seperti menjaga kesehatan otak, jantung, hingga membantu menurunkan berat badan.


4.Stroberi
Stroberi menjadi buah yang mampu mencegah penyakit anemia. Hal ini disebabkan kandungan antioksidan pada stroberi cukup tinggi. Kandungan antioksidan berfungsi untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Selain itu, antioksidan juga bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

5.Semangka
Bukan hanya untuk mencegah dehidrasi, buah semangka dinilai mampu membuat kamu terhindar dari anemia. Hal ini disebabkan buah semangka memiliki kandungan zat besi di dalamnya. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi buah semangka sebagai makanan penutup makan siang kamu. Selain segar, buah semangka juga terbilang mudah didapatkan.

6.Jeruk
Zat besi nyatanya tidak dapat menyerap tubuh dengan baik ketika kamu kekurangan vitamin C. Untuk itu, kamu bisa mengonsumsi buah jeruk agar vitamin C dalam tubuh terpenuhi dengan baik. Dengan begitu, tubuh akan lebih mudah untuk menyerap zat besi.

Itulah beberapa buah yang bisa dikonsumsi untuk mencegah anemia.

Sumber : Halodoc

No comments

Powered by Blogger.