Bukan Jakarta, Ini Ibu Kota Paling Kotor di Dunia

https: img.okezone.com content 2021 03 17 406 2379434 bukan-jakarta-ini-ibu-kota-paling-kotor-di-dunia-nmvorYynw1.jpg 

NEW Delhi menjadi ibu kota paling tercemar di dunia pada 2020. Predikat ini sudah disandangnya selama tiga tahun berturut-turut, menurut penelitian.

Penelitian tersebut dilakukan oleh IQAir, sebuah kelompok Swiss yang mengukur tingkat kualitas udara berdasarkan konsentrasi partikel udara yang merusak paru-paru yang dikenal sebagai PM2.5.

Dilansir dari India Times, India adalah rumah bagi 35 dari 50 kota paling tercemar di dunia, menurut Laporan Kualitas Udara Dunia 2020 dari IQAir, yang mengumpulkan data untuk 106 negara.

 new delhi

Penemuan ini didasarkan pada rata-rata tahunan bahan partikulat PM2.5 di negara itu, partikel di udara dengan diameter kurang dari 2,5 mikron. Paparan PM2.5 dalam waktu lama dapat menyebabkan penyakit mematikan, termasuk kanker dan masalah jantung.

“Setiap kota di India mengalami peningkatan kualitas udara dibandingkan dengan 2018 dan sebelumnya, sementara 63 persen mengalami peningkatan langsung dibandingkan dengan 2019. Namun, India terus tampil menonjol di peringkat atas kota paling tercemar dengan 22 dari 30 kota paling tercemar di dunia,” data yang tersedia pada Laporan Kualitas Udara Dunia 2020.

Menurut laporan tersebut, meskipun Asia Selatan adalah salah satu kawasan paling tercemar di dunia, 32 persen kota di India rata-rata mengukur AQI Amerika 'tidak sehat' atau lebih buruk sepanjang tahun. Laporan tersebut mengatakan bahwa di 80 persen dari Bangladesh dan 67 persen dari Pakistan melihat kualitas udara rata-rata yang 'tidak sehat' atau lebih buruk selama periode waktu yang sama.

Laporan tersebut mengatakan bahwa dibandingkan dengan 2019, penguncian COVID-19 dan perubahan gaya hidup masyarakat meningkatkan kualitas udara di 84 persen negara (berdasarkan populasi kota) dan 65 persen kota global.

Tahun lalu, 20 juta penduduk Delhi yang menghirup udara terbersih dalam catatan di bulan-bulan musim panas karena pembatasan aktivitas dan penguncian wilayah, berjuang melawan udara beracun di musim dingin, menyusul peningkatan tajam dalam insiden kebakaran pertanian di negara bagian tetangga Punjab.

 

Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.