Burung langka dari Australia yang berlokasi di Taiwan

Pecinta burung Taiwan buru-buru mencari burung atas permintaan tim Australia

Curlew Timur Jauh yang hilang ditemukan di Tainan (foto CNA)

TAIPEI - Ikatan Timur Jauh yang hilang dari Australia telah terlihat di Taiwan selatan setelah pencarian putus asa untuk burung pantai yang terancam punah.

Burung itu, dilacak oleh tim peneliti dari University of Queensland menggunakan perangkat GPS, melakukan perjalanan jauh dari Australia ke Taiwan dalam perjalanan lebih dari 6.000 km yang berakhir pada 22 Maret. Sebuah misi pencarian diluncurkan atas permintaan ilmuwan Australia untuk memeriksa kondisi burung itu, lapor CNA.

Data GPS menunjukkan burung itu tiba di Kaohsiung sebelum terbang ke Tainan, karena penggemar burung lokal bergegas ke kota selatan untuk mencari curlew tersebut. Seorang warga bermarga Li (李) berhasil menemukannya di lahan basah Xuejia pada hari Minggu (28 Maret) dengan gambar yang menunjukkan bahwa kondisinya baik.

Diketahui oleh aktivitas manusia di sekitarnya, curlew Timur Jauh yang waspada terbang menjauh dari lahan basah beberapa menit setelah foto diambil, menurut Li.

Penampakan ikal Timur Jauh jarang terjadi di Taiwan, kata Chiu Jen-wu (邱仁武), presiden kehormatan Asosiasi Konservasi Ekologi Tainan. Dia yakin burung pantai yang bermigrasi itu bisa saja berhenti sebentar di Taiwan sebelum menuju ke timur laut China atau Siberia untuk berkembang biak.



Ikal Timur Jauh adalah ikal terbesar dengan panjang 60-66 cm dan memiliki paruh yang sangat panjang hingga panjang 20 cm. Avian menghabiskan musim dingin di pesisir Australia dan Selandia Baru serta negara-negara Asia Tenggara.

Curlew Timur Jauh yang hilang ditemukan di Tainan (foto CNA)

Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.