Catat, Ini Tips Jitu Bisa Menghafal dengan Cepat

Ilustrasi kemampuan menghafal. (Foto: Freepik)


BANYAK orang ingin bisa menghafal dengan cepat. Ini dinilai dapat membantu aktivitas sehari-hari mereka, baik dalam urusan pekerjaan maupun pendidikan.

Supaya bisa menghafal dengan cepat, ada tips yang harus dilakukan, salah satunya adalah pengulangan. Menghafal segala sesuatu juga memerlukan perhatian serta pembelajaran.

Menciptakan suasana yang mendukung sesuai cara masing-masing juga bisa memengaruhi kecepatan menghafal. Oleh karena itu, perlu memahami diri sendiri serta menemukan pola menghafal yang tepat.

Nah, berikut ini tips jitu yang bisa diterapkan supaya bisa menghafal dengan cepat, sebagaimana dilansir laman Lifehack.

1. Melakukan persiapan

Persiapan ditujukan untuk lingkungan sekitar. Biasanya menghafal berarti membutuhkan area yang tenang dan hening. Tapi bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Mungkin dengan melakukannya di tempat umum akan lebih efektif bagi sebagian orang. Selain itu, cobalah minum teh hijau. Faktanya, teh hijau sebagai katalis alami untuk meningkatkan daya ingat.

Ilustrasi kemampuan menghafal. (Foto: Kjpargeter/Freepik)

2. Merekam dan mendengarkan ulang hafalan

Rekaman akan sangat efektif untuk penghafal auditori. Apalagi saat mempelajari bahasa asing yang rumit dan pidato. Setelah itu, dengarkanlah secara ulang.

3. Menulis ulang hafalan

Ini bisa dilakukan sebelum benar-benar menghafal. Lakukanlah secara berulang menuliskan apa yang harus diingat. Ini akan membuat pelajar visual terbiasa sehingga bisa menghafal lebih cepat.

4. Memisahkan tulisan hasil hafalan

Masih berhubungan dengan pelajar visual. Metode ini bisa dilakukan terutama saat menggunakan kode warna untuk membedakan setiap informasi yang perlu dihafal.

5. Pengulangan kumulatif hafalan

Ini tentunya berlaku pada hafalan teks. Pengulangan adalah cara yang paling tepat. Coba mengingatnya sedikit demi sedikit tanpa melihat. Lalu terus tambahkan informasi baru ke apa yang baru saja dihafal.


6. Ajarkan hafalan kepada orang lain

Berdasarkan penelitian, mengajarkan informasi kepada seseorang adalah cara yang pasti untuk mengingatnya karena mengharuskan mengambil ingatan dari diri sendiri. Jika tidak ada orang yang bisa diajarkan, cobalah melakukannya di depan cermin.

7. Istirahat usai menghafal

Sesudah melakukan aktivitas menghafal, istirahatkan pikiran dengan beristirahat. Lakukan istirahat dengan waktu seefektif mungkin atau pergi ke tempat baru yang mengesankan.



Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.