Centaury Honey Turki, Madu Termahal Dunia Seharga Rp172 Juta

Madu dari sebuah gua di Turki berhasil memecahkan rekor sebagai madu termahal di dunia dengan harga Rp172 juta per kg-nya. (www.guinnessworldrecords.com)


Madu dari sebuah gua di Turki berhasil memecahkan rekor sebagai madu termahal di dunia. Madu Turki ini dijual dengan harga 10 ribu Euro per kg atau sekitar Rp172 juta.

Harga ini berkali-kali lipat lebih mahal dibandingkan madu biasa di pasaran. Sebagai perbandingan, 1 kg madu biasanya di jual sekitar Rp100 ribu.

Madu yang diberi nama Centauri Honey ini berhasil dicatatkan namanya dalam Guinness World Records. Madu gua ini berasal dari nektar yang berbeda dibandingkan madu pada umumnya. Nektar itu dihasilkan dari sebuah tanaman obat di sekitar gua.

Lebah yang memakan nektar itu bersarang di gua dengan ketinggian 2.500 meter di atas permukaan. Hasilnya, warna madu ini lebih gelap daripada madu biasa dan memiliki rasa yang agak pahit.

Madu ini dipanen hanya sekali setahun, berbeda dengan madu pada umumnya yang dipanen 2-3 kali setahun. Inilah yang menjadi alasan madu gua ini tak bisa diproduksi dalam jumlah massal.

Madu asli ini tidak bisa dijual di pasar dan toko karena lebah tidak pernah bisa membuat berton-ton madu untuk konsumsi manusia secara alami. Ada yang bilang itu madu yang mahal, saya menyebut ini harta dunia," kata founder Centauri Honey Ahmet Eren Cakir, dikutip dari Guinness World Records.

Setiap sampel madu juga dikirim ke Turkish Scientific Council untuk memeriksa kandungan madu. Madu ini kaya akan magnesium, kalium, fenol, dan flavonoid. Kandungan ini membuat madu gua punya sifat antioksidan yang tinggi.



Sumber : cnnindonesia.com

No comments

Powered by Blogger.