Cerita Stella Lee Bisnis Preset Foto, Kini Penjualan Turun karena Pandemi



Bagi kamu yang kerap mengunggah momen di media sosial, tentu ingin membagikan konten yang menarik dan tidak monoton. Agar postingan kamu terlihat estetik bisa menggunakan aplikasi edit foto.

Maraknya penggunaan aplikasi edit foto ini menjadi peluang bisnis baru. Sejumlah influencer menjual filter foto preset yang membantu pengguna media sosial atau siapapun yang suka memotret untuk mengedit foto mereka.

Salah satu influencer yang terjun ke bisnis filter foto preset Lightroom ini adalah beauty vlogger Stella Lee. Menurutnya preset adalah filter foto yang bisa mengubah warna foto hanya dengan satu kali klik saja.

"Jadi kalau misalnya bagi orang yang tidak mengerti cara mengedit foto yang rumit, itu bisa pakai preset. Gunanya preset itu untuk mempermudah orang-orang untuk mendapatkan warna yang diinginkan tanpa harus membuat satu-satu warnanya," kata Stella .

Pemeran tokoh Erli dalam film Galih dan Ratna itu mengungkapkan awal mula tertarik untuk berbisnis edit foto. Ia sebelumnya pernah memakai filter preset yang dibelinya dari website luar negeri, akan tetapi hasil editan fotonya tak sesuai dengan harapannya.

"Sebelumnya aku pernah membeli preset luar negeri, tetapi warnanya kurang cocok degan warna yang aku inginkan. Terutama di bagian skintone. Kalau bule kulitnya lebih tan, kalau Asia kan ingin terlihat lebih cerah. Jadi pas dimasukin foto bule jadinya aneh. Karena dari situlah aku tertarik untuk membuat preset sendiri. Orang lain itu nggak ada yang bisa bikin warna yang aku mau," kata Stella yang mulai menjual preset Lightroom sejak 2018 melalui situs Magicpreset.

Stella mengklaim jika Magicpreset adalah website pertama di Indonesia yang menjual preset foto. Beauty Vlogger dengan signature look dolly face itu juga mengatakan jika presetnya berbeda dari yang lainnya.

"Jelas karena aku memakai sendiri, aku berani jamin apapun warna yang aku pakai di Instagram aku. Bukan warna yang karena untuk dijual. Menurut aku kalau pemilik produk itu sendiri nggak pakai, ya artinya kita tidak percaya dengan produk kita. Aku jamin warnanya sama dengan apa yang aku pakai," tuturnya.

Sesuai dengan nama filter presetnya yaitu Magic Preset, Stella melanjutkan jika foto yang diedit bisa menjadi istimewa. "Kalau misalnnya warna foto yang gelap bisa berubah magic menjadi terang, tanpa mengubah kualitas fotonya itu sendiri. Jadi, aku merasa bangga dengan preset aku," ucapnya.

Bisnis Preset Foto di Tengah Pandemi

Stella Lee menjual preset foto buatannya melalui situs Magicpreset. Harga yang ditawarkannya mulai dari Rp 75 ribu hingga Rp 225 ribu. Preset yang disukai pembeli dan laris adalah yang dijual dalam bentuk budle atau set.

Selama menjual preset Lightroom, Stella mengaku pernah ada yang mengatakan kalau harga preset buatannya mahal. Namun beauty vlogger ini punya penjelasan sendiri soal penetapan harga preset buatannya.

"Ada yang bilang harganya terlalu mahal, biasanya mereka tidak tahu kalau preset asli kalau yang blogger luar, harganya bisa 2-3 kali lipat dari preset yang aku jual. Kenapa ada yang lebih murah, tapi mereka itu presetnya zonk," ungkap Stella.

Mengenai omzet penjualan preset Lightroom yang dibuatnya, Stella Lee tak memberikan rinciannya. Wanita yang pernah memenangkan The Best Beauty & Fashion Blog di Indonesia melalui AXIS Blog Award itu mengaku tak pernah menetapkan target penjualan karena bisnisnya ini dilakukan berdasarkan hobinya.

"Aku tidak ada target penjualan, bisa aja bulan ini slow, tapi ketika bulan depan kita launching preset baru naik. Jadi kita beda banget, collabs kita pun butuh enam bulan agar hasilnya perfect," tuturnya.

Stella Lee menuturkan bisnis filter preset Lightroom saat ini sedang menurun. Sebab di masa pandemi, orang membatasi kegiatan dan hanya #dirumahaja sehingga lebih sedikit foto yang ditampilkan di media sosial.

"Bisnis preset ke depannya tidak merasa ini tidak menjadi sesuatu yang booming, karena akhir-akhir ini karena corona. Jelas kebutuhan untuk mengedit foto dan aplikasi tersebut, tidak se-on demand zaman sebelum corona. Dulu orang traveling dan ke cafe, sedangkan masa corona, akhirnya video TikTok malah lebih ngetren," ucap wanita yang memiliki lebih dari 144 ribu pengikut di Instagram.

Stella Lee pun berharap bisnis presetnya kembali menjadi pilihan saat masyarakat sudah kembali leluasa untuk travelling.

Sumber :Wolipop

No comments

Powered by Blogger.